Beranda News Gandeng IdnStore, Motorola Siap Penuhi Aturan TKDN

Gandeng IdnStore, Motorola Siap Penuhi Aturan TKDN

-

Motorola-Moto-C
Jakarta, Selular.ID – Sejak tahun lalu, Lenovo dan Motorola Indonesia telah mengumumkan bahwa mereka sudah memutuskan untuk mengambil jalur hardware guna memenuhi Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No. 65 2016 mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) jika ingin terus menjajakan smartphone 4G besutannya di Tanah Air.

Pada skema hardware, berarti vendor harus memenuhi komposisi 70 persen untuk hardware, 20 persen R&D, dan 10 persen software. Guna memenuhi komposisi 70 persen hardware, Lenovo dan Motorola mengumumkan telah menggandeng mitra pabrikan lokal Tridharma Kencana (TDK).

“Seperti yang kami umumkan tahun lalu bahwa kami mengambil jalur hardware, dimana disitu ada komponen software 10 persen. Dalam pengaplikasiannya, 10 persen software itu berarti minimal harus ada 2 aplikasi lokal dan satu app store lokal. Untuk itu kami menggandeng app store lokal yang bernama IdnStore dari PT Data Aksara Matra (DAM),” ujar Anvid Erdian, 4P Manager Lenovo Mobile Business Group, Indonesia, dalam peluncuran smartphone Motorola Moto C di Jakarta (8/6/2017)

Hasnil Fajri, Direktur dan CMO PT DAM, menjelaskan bahwa IdnStore sudah dikembangkan sejak lama. Tapi perusahaan fokus di pengembangan payment dan smart card.

“Kami telah membuat dan akan meluncurkan app store lokal bernama IdnStore. Ini semua berkat dari kebijakan pemerintah melalui Kemendag, Kemenperin, dalam Permen No. 65 mengenai TKDN ponsel. Syaratnya adalah mandatory harus menggunakan app store lokal. Kebetulan kami sudah lebih dulu. Alhamdulilah sudah jadi, sudah dites, sudah trial hampir satu tahun, dan sudah siap,” papar Hasnil.

Fungsi IdnStore, lanjut Hasnil, adalah sebagai toko aplikasi terpusat yang menyediakan penyimpanan, distribusi, notifikasi, dan bisa berupa aplikasi, game, news, dan lain-lain. “Bukan hanya konten lokal, kami membuka untuk semua pengembang baik lokal maupun asing, tapi developer lokal kami beri fasilitas lebih baik,” tutur Hasnil.

“Motorola Moto C belum ada IdnStore di dalamnya, karena pengajuannya kami lakukan tahun lalu. IdnStore dan dua aplikasi lokal akan terbenam di smartphone Lenovo dan Motorola berikutnya,” pungkas Anvid.

Artikel Terbaru