Contek iPhone 7, Xiaomi Mi 6 Juga Hilangkan Colokan Headphone

xiaomi mi 6

Jakarta, Selular.ID – Merancang sebuah smartphone tipis bukan perkara yang mudah. Setidaknya vendor ponsel harus rela mengorbankan komponen lain untuk mewujudkannya. Seperti contoh Apple, yang harus menghilangkan fitur headphone jack 3.5mm demi membuat iPhone 7 menjadi lebih tipis.

Langkah serupa turut diikuti oleh Xiaomi. Vendor ponsel yang kerap disebut ‘Apple dari China’ ini juga dikabarkan bakal melenyapkan colokan headphone 3.5mm.

Bedanya, Xiaomi ingin menghemat ruang untuk komponen lain, seperti baterai yang lebih besar. Memang, Mi 6 memiliki kapasitas baterai lebih besar dari Mi 5, meski kemungkinan memiliki dimensi yang sama.

Dengan ukuran layar 5.15 inci seperti pendahulunya, perusahaan yang tengah mengalami kemerosotan pangsa pasar di China ini berhasil meningkatkan kapasitas baterai sebesar 10,5 persen, dari 3000mAh (pada Mi 5) menjadi 3350mAh di Mi 6.

Sebagai gantinya, Mi 6 kini mengandalkan konektor USB-C untuk mengeluarkan audio (terlepas dari Bluetooth). Xiaomi mengatakan bahwa audio USB-C sekarang menjadi lebih umum dan akan terus memberikan kualitas audio yang prima.

Selain untuk baterai, alasan lain Xiaomi melepas headphone jack adalah untuk mengakomodir penempatan kamera belakang ganda. Ponsel ini memiliki kamera belakang ganda meski ukuran keseluruhan sasisnya masih mempertahankan bentuk Mi 5. Dengan jack 3.5mm yang diposisikan di atas di Mi 5, Xiaomi akan menghadapi kendala ruang dengan penambahan kamera ganda

Xiaomi Mi 6 sendiri telah debut di China.