Thursday, August 13, 2020
       
Home Devices Wearable Devices Apple Bercokol di Posisi Pertama Pasar Wearable Device

Apple Bercokol di Posisi Pertama Pasar Wearable Device

-

Apple Watch Series 2

Jakarta, Selular.ID – Apple mulai menunjukkan ‘taringnya’ di pasar perangkat wearable. Menurut perusahaan riset Strategy Analytics, produsen iPhone ini akhirnya menempati posisi pertama di pasar perangkat wearable dunia pada kuartal pertama tahun 2017.

Apple sukses merangkak menjadi nomor satu dengan jumlah pengiriman Apple Watch terbanyak ke seluruh dunia. Tercatat, 3,5 juta unit Apple Watch dikirimkan selama periode tersebut.

Pengiriman Apple Watch di kuartal tersebut naik hampir 60 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu. Kenaikan pengiriman Apple Watch secara global di periode tersebut langsung melambungkan pangsa pasarnya menjadi 16 persen, jauh di atas Fitbit.

Faktor pendorong naiknya jumlah pengiriman dan pangsa pasar Apple Watch ditandai dengan kehadiran Apple Watch Series 2 yang diluncurkan Apple pada musim gugur tahun lalu. Apple Watch baru tersebut membawa sejumah perbaikan di sisi hardware dan gaya aksesoris gelangnya yang semakin stylish.

Kesuksesan penjualan Apple Watch sebelumnya diungkapkan CEO Apple Tim Cook dalam event laporan keuangan kuartal kedua 2017 beberapa hari lalu. Saat itu, dia mengatakan penjualannya meningkat hampir dua kali lipat dari tahun ke tahun meskipun menolak memberikan kepastian jumlahnya.

Dengan peringkat saat ini, Apple berhasil menyingkirkan Fitbit ke peringkat ketiga vendor perangkat wearable terbesar di dunia. Di periode yang sama tahun lalu, Fitbit mendominasi dengan berhasil mengirim 4,5 juta unit perangkat wearable. Namun kini, mereka hanya mampu mengirimkan 2,9 juta unit saja dengan pangsa pasar 13,2 persen.

“Fitbit telah kehilangan pangsa pasar karena berkurangnya permintaan akan smart band kebugaran dan terlambat masuk ke pasar smartwatch yang sedang berkembang,” ujar Cliff Raskind, Direktur Strategy Analytics. “Pengiriman, pendapatan, harga, dan keuntungan Fitbit semuanya menyusut di pasar dan perusahaan memiliki pertarungan besar untuk pulih.”

Adapun laporan Strategy Analytics ini mencakup jumlah pengapalan gelang kebugaran, serta berbagai perangkat lain yang dinilai sebagai ‘wearable pintar’.

Sementara itu, di peringkat kedua ada Xiaomi. Vendor asal Tiongkok merebut pangsa pasar sebanyak 15,5 persen dengan pengiriman perangkat wearable sebanyak 3,4 juta unit.

Total pengiriman wearable device secara global mencapai 22 juta unit pada Q1 2017, naik dari 18,2 juta di kuartal kedua 2016, dengan permintaan paling besar terjadi di Amerika Utara, Eropa Barat dan Asia.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest