Thursday, September 19, 2019
Home Headline ZUK Mobile Tutup Usia

ZUK Mobile Tutup Usia

-

ZUK Z1

Jakarta, Selular.ID – Persaingan sengit di pasar smartphone bak hukum rimba. Siapa yang kuat dia yang bertahan. Tidak ada yang menjamin berapa lama sebuah vendor ponsel mampu bertahan, tak pelak satu-persatu terus bertumbangan. Yang terbaru, Lenovo akan menutup divisi ZUK Mobile dari segala aktivitas perusahaan, baik dari memproduksi ponsel sampai melakukan penjualan.

ZUK Mobile merupakan unit mobile terbaru dari Lenovo yang hanya bertahan singkat selama 23 bulan saja. Dalam waktu yang singkat tersebut, ZUK Mobile telah merilis lima perangkat, salah satunya ZUK Edge, yang diumumkan saat Natal 2016.

Satu-satunya ‘kenangan’ yang tersisa dari perusahaan ZUK ini adalah user interface bawaan bernama ZUI, yang akan diintegrasikan ke dalam ponsel Moto yang akan datang. Hal ini menurut Alex Chen Yu, VP Lenovo.

Lenovo memang berencana untuk mengintegrasikan semua merek handset-nya di bawah satu payung. Rencana ini tercetus dari tantangan yang dihadapi dengan Motorola Mobility, yang belum membawa pendapatan signifikan. Perusahaan bakal melepas semua ponselnya di bawah brand Lenovo Moto yang dimulai dengan jajaran mid-range Vibe. Dengan penutupan ZUK Mobile, kemungkinan besar juga akan dimasukkan ke dalam brand Lenovo Moto.

Di Indonesia sendiri, ZUK tak mampu bertahan lama karena citra yang buruk. ZUK sempat membuat heboh dengan kasus sertifikat β€œbodong” yang digunakan untuk merilis seri Z1 di Indonesia.

ZUK Z1 yang resmi diluncurkan pada awal Desember 2015 diduga menggunakan sertifikat Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) sertifikat postel milik Xiaomi Redmi 1S. Pihak Blibli selaku rekanan online channel pun langsung menarik penjualan ZUK Z1 dari websitenya.

Latest