Thursday, September 19, 2019
Home News Community Klub Fotografi Datascrip, Wadah Apresiasi bagi Pengguna Kamera Canon

Klub Fotografi Datascrip, Wadah Apresiasi bagi Pengguna Kamera Canon

-

KFD-gatheringJakarta, Selular.ID – Beragam cara yang bisa dilakukan sebuah perusahaan dalam rangka mewujudkan apresiasinya terhadap pelanggan setia. Salah satunya adalah dengan mendirikan sebuah komunitas. Inilah yang dilakukan Datascrip, distributor perangkat fotografi merek Canon yang membentuk Klub Fotografi Datascrip pada tahun 2005 silam.

“Klub ini didirikan atas dasar apresiasi Canon PT Datascrip kepada para pengguna kamera Canon dan asesorisnya seperti lensa, speedlite, dan lain-lain yang memiliki garansi resmi dari PT Datascrip. Sehingga atas dasar inilah kami membentuk Klub Fotografi Datascrip,” ujar Januardo Henry Salvetty, selaku ketua Klub Fotografi Datascrip atau disingkat dengan sebutan KFD.

Bicara mengenai anggota, sejak awal berdiri hingga sekarang, KFD sejatinya telah memiliki lebih dari 25 ribu anggota. Hanya saja, tiap tahun KFD melakukan seleksi dalam memberlakukan keanggotaannya, yakni dengan jalan registrasi ulang yang biasanya dilakukan pada akhir tahun.

”Bagi member yang tidak melakukan daftar ulang akan kami anggap tidak aktif dan harus kami reject dari keanggotaan KFD. Dengan demikian, tiap awal tahun keanggotaan KFD akan mulai dari nol lagi dan dimulai dengan member yang melakukan registrasi ulang dan member baru. Total member saat ini hingga bulan Januari 2017 ini  berjumlah sekitar 300 orang member (yang melakukan daftar ulang + daftar baru),” kata Januardo.

Anggota KFD ini tersebar di seluruh Indonesia. Dalam menjaring anggota, pada setiap pembelian kamera EOS, KFD melampirkan formulir serta benefit keikutsertaan member KFD. Beberapa benefit yang bisa diperoleh anggota KFD, di antaranya anggota akan mendapat update informasi sekitar produk dan acara fotografi, berbagai promosi yang menarik (harga, souvenir dan lain-lain), prioritas untuk acara yang diselenggarakan oleh Canon Division – PT Datascrip, prioritas untuk kamera, lensa dan  accessories dalam supply terbatas, serta back up untuk service.

Tidak hanya itu, anggota KFD juga bisa ikut serta di acara seminar, workshop, hunting foto, lomba Foto, serta ikut acara gathering. Menariknya lagi, menjadi anggota KFD bebas iuran anggota.

Dengan segudang benefit yang bisa diperoleh, bagi yang tertarik masuk menjadi anggota KFD, setidaknya harus memenuhi syarat-syarat, di antaranya wajib memiliki kamera Canon EOS digital dan lensa Canon dengan garansi PT Datascrip, mengisi dengan lengkap dan melengkapi formulir keanggotaan dengan persyaratan dokumen di link http://www.canon.co.id/klubfotografi/, serta menyertakan fotocopy KTP, kartu garansi, dan pas foto 3 x 4.

Kegiatan
Selain menjadi wadah untuk berbagi untuk para anggotanya, sebuah komunitas biasanya juga identik dengan kegiatan yang kerap dilakukan. Tidak terkecuali dengan KFD, komunitas ini juga memiliki sejumlah kegiatan, baik yang rutin digelar maupun kegiatan yang digelar secara spontan.

Sebagai komunitas yang sebagian besar anggotanya merupakan penyuka fotografi, KFD sering menggelar kegiatan hunting foto, salah satunya adalah event Seren Taun di Cigugur Kuningan dan di Depo KRL Depok (yang merupakan salah satu depo KRL terbesar di Asia Tenggara). Biasanya, bagi anggota yang mengikuti acara ini, mereka bisa mengupload karya fotonya ke fanpage Facebook KFD atau di artikel Antar Kita pada KFD Newsletter yang terbit tiap awal bulan.

Selain hunting foto, KFD juga kerap menggelar beragam acara lain yang bermanfaat untuk para anggotanya. “Kegiatan yang paling sering kami lakukan adalah mengadakan workshop dan seminar selain hunting,” kata Januardo.

Oleh karena KFD bernaung di bawah Canon pt Datascrip, acara-acara yang dilakukan juga berkaitan dengan kegiatan marketing seperti event terbesar di Canon Photo Marathon Indonesia. Adapun untuk menjalin keakraban sesama member KFD, setiap tahun komunitas ini juga kerap menggelar ajang Halal bihalal dan gathering member KFD.

Sesuai dengan keberadaan KFD yang didirikan atas dasar apresiasi Canon PT Datascrip kepada para penggunanya, lewat komunitas ini perusahaan memiliki target untuk selalu menjadi yang terbaik buat para member dengan memberikan informasi seputar fotografi, baik dalam bentuk pelatihan ilmu fotografi, workshop, seminar maupun hunting fotografi.

“Dengan adanya wadah KFD sebagai tempat berkumpulnya para pengguna kamera EOS akan semakin menambah kepercayaan masyarakat pengguna kamera DSLR khususnya EOS,” tutup Januardo.

Latest