Saturday, August 15, 2020
       
Home News "Apes" Situs Indosat Ooredoo Juga Dikerjai Hacker, Begini Kronologi Kejadiannya

“Apes” Situs Indosat Ooredoo Juga Dikerjai Hacker, Begini Kronologi Kejadiannya

-

Indosat-OoredooJakarta, Selular.ID – “Apes”, itulah kata yang layak disematkan Indosat Ooredoo. Setelah sebelumnya seakan mengambil momentum, dari kejadian diretasnya situs resmi milik Telkomsel. Hal serupa (peretasan) akhirnya juga menimpa Indosat Ooredoo.

Yup, sub domain website Indosat Ooredoo, arena.indosatooredoo.com, mengalami nasib yang sama dengan situs Telkomsel, yakni dikerjai Hacker.

Banyak yang beranggapan, insiden ini terjadi karena sebelumnya Indosat Ooredoo menyindir Telkomsel lewat Twitter. Lalu bagaimana rentetan kronologi, peretasan yang menimpa Indosat Ooredoo?

Berikut hasil penelusurannya :
Peretasan situs web itu pertama kali terjadi pada Jumat malam (28/4/2017). Saat itu, pelaku sempat melakukan deface (merubah tampilan laman situs) beberapa kali.

Pada pukul 05.00-06.00 WIB, tampilan situs kembali diubah dengan latar gelap dan foto karakter hacker bertuliskan “Capz Decoded, I have nothing to say”. Dan setelahnya, peretas mengubah pesan di dalam situs pada pukul 08.00 WIB.

Isi dari pesan yang ditampilkan mengandung kalimat yang cukup kasar. Lucunya, sang hacker malah melampirkan alamat email beserta namanya, Cepz Decoded (cepzdecoded@outlook.com).

Pasca kabar peretasan tersebut tersebar di dunia maya, dalam keterangan resminya, Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo membenarkan subdomain situsnya telah dibobol. Tapi subdomain tersebut dimiliki dan dikelola oleh partner Indosat Ooredoo dan sudah lama tak aktif.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest