Thursday, April 25, 2019
Home News Google Menambahkan Fitur Baru di Keybaord Gboard

Google Menambahkan Fitur Baru di Keybaord Gboard

-

gboardJakarta,Selular.ID – Google telah menghadirkan keyboard pintar yang terintegrasi dengan Google Search, GIF, dan pencarian emoji semuanya di dalam satu aplikasi bernama GBoard.

Seperti diberitakan Tech Investor News Google baru saja mengumumkan update Gboard, update tersebut memungkinkan pengguna Android mengedit dan enter teks.

Yang dilakukan adalah, pengguna hanya membuka fitur baru dengan mengetuk tombol G atau panah di sudut kanan atas keyboard. Lalu, kata Google dalam blognya, posting-an blog, diteruskan dengan menekan ikon untuk mengedit teks di area suggestions.

Dari sana, pengguna akan melihat beberapa tombol besar muncul. Ada tombol panah yang mengarah ke atas, bawah, kiri, dan kanan. Sayangnya, untuk saat ini fitur baru tersedia di Android.

Gboard sekarang ini memiliki 500 juta sampai 1 miliar pemasang aplikasi di Android. Aplikasi keyboard ini juga menjadi aplikasi terpisah untuk Android. Jadi, pengguna bisa mengunduhnya di toko aplikasi.

Google semerilis keyboard untuk pengguna iPhone yang dinamai Gboard Kala itu, banyak yang penasaran apakah papan ketik Gboard akan hadir pula bagi pengguna Android atau tidak.

Rasa penasaran itu akhirnya dijawab Google. Pabrikan Mountain View tersebut meluncurkan papan ketik Gboard untuk Android sebagai pembaruan Google Keyboard versi 6.0.

Selain berubah nama, fitur-fiturnya pun lebih kaya. Salah satu yang menonjol adalah jalan pintas (shortcut) ke kolom pencarian melalui tombol G yang tersedia.

Tombol G itu bersifat opsional. Pengguna bisa menyetel untuk memanfaatkannya atau tidak di pengaturan keyboard.Jika pengguna memilih memanfaatkannya, pencarian apa pun bisa dilakukan sambil chatting dengan teman, mengirim e-mail, atau menulis catatan penting. Tak perlu lagi bolak-balik dari browser pencarian ke aplikasi.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest