Beranda News Beli Di Pedagang Kaki Lima, Bayar Bisa Pakai QR Code

Beli Di Pedagang Kaki Lima, Bayar Bisa Pakai QR Code

-

dimo pay

Jakarta, Selular.ID – Sistem pembayaran non tunai alias cashless mulai dipopulerkan oleh banyak pihak. Salah satu metode pembayaran non tunai yang sedang hangat, adalah pembayaran dengan memanfaatkan teknologi Quick Response (QR) lewat aplikasi di smartphone. Pembayaran jenis ini dinilai lebih mudah diterapkan ketimbang pembayaran cashless lainnya. Perusahaan financial technology yang menggencarkan penggunaan teknologi ini adalah Dimo Pay, melalui sistem bernama PaybyQR.

Pay by QR bisa digunakan oleh berbagai merchant, mulai dari kelas mall premium hingga pedagang kaki lima. Seperti yang dicontohkan oleh pedagang es podeng kelontongan di sekitaran Sarinah, Jakarta Pusat.

Berbeda dengan merchant yang menggunakan mesin EDC untuk mengeluarkan QR code, di pedagang kaki lima, mereka hanya perlu menunjukkan sticker berbasis QR code yang disediakan oleh Dimo Pay. Setelah pengguna memindai (scanning) QR code di ponsel mereka, kemudian akan muncul besaran nominal yang harus dimasukkan secara manual. Selanjutnya, penjual akan menerima notifikasi pesanan di ponselnya setelah pengguna submit harga. Setelah transaksi selesai, otomatis uang bakal masuk ke rekening si penjual.

Dengan pembayaran melalui PaybyQR, pedagang kaki lima bakal diuntungkan, salah satunya tak perlu repot menyiapkan uang kembalian.

“Baik customer maupun pedagang bisa melakukan transaksi secara cashless. Cuma perlu ponsel, scan sticker, bayar, dan transaksi selesai. Uang pas tanpa perlu repot uang kembalian,” kata Nurfadilah Dila, Vice President Marketing Dimo Indonesia.

Dengan meminimalisir pemakaian uang tunai, Dimo Pay turut mendorong program pemerintah atas perluasan penggunaan instrumen non tunai dalam Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Beberapa aplikasi mobile pembayaran nontunai yang menjadi mitra Dimo, antara lain T-Money (Telkom), Uangku (Smartfren), Dompetku (Indosat Ooredoo), Simobi (Sinarmas), Doku, dan Pay Access.

Sementara itu, untuk merchant-nya, Dimo mengklaim bahwa ada lebih dari 4000 merchant yang menerima pembayaran nontunai yang disediakan oleh Dimo, di antaranya Coffee Bean, Bread Life, Manhattan Fish Market, Haagen-Dazs, hingga Inul Vizta.

Artikel Terbaru