Jakarta, Selular.ID – Dengan melihat jumlah pengguna internet saja, kita bisa melihat bahwa internet merupakan media yang kuat untuk menciptakan kesadaran bagi bisnis Anda. Sebagai gambaran, di Indonesia saja sudah ada lebih dari 132 juta pengguna internet dan secara global pengguna internet sudah mencapai 3,5 miliar.
Internet tidak hanya membuat hidup manusia menjadi lebih mudah tetapi juga berpotensi besar untuk mengembangkan peluang bisnis.
Memiliki keberadaan di internet dapat memberikan solusi yang hemat biaya bagi hampir semua bisnis agar bisa terlihat dan diketahui oleh pelanggan dan calon pelanggan. Setiap bisnis juga dapat memutuskan untuk menjadi bagian dari dunia digital yang terus berkembang ini dengan mendaftarkan nama domain (alamat web) dan membangun situs web mereka.
Akan tetapi, tantangan terbesar bagi kesuksesan bisnis online adalah menciptakan trafik (ke situs web) dan hal ini membutuhkan proses serta waktu yang lebih panjang.
Berikut adalah beberapa hal mendasar yang bisa menjadi perhatian dalam membangun web untuk bisnis menurut Verisign, perusahaan solusi domain dan keamanan Internet.
1.Mendaftarkan Nama domain
Langkah penting pertama untuk berbisnis di internet adalah untuk memilih dan mendaftarkan nama domain yang membantu mendorong visibilitas perusahaan Anda di web. Memilih untuk menggunakan domain milik Anda sendiri memberikan beberapa keuntungan.
Pertama, ini membantu Anda untuk membuat branding atas bisnis Anda. Kedua, nama domain ini akan selamanya menjadi alamat situs web Anda meski Anda memutuskan untuk pindah penyelenggara website. Ketiga, nama domain memungkinkan perusahaan Anda untuk memiliki branded email melalui nama domain. Selain nama domain, Anda juga harus memilih extension domain yang tepat, seperti misalnya extension .com merupakan pilihan tepat karena diakui, memiliki visibilitas dan kredibilitas tinggi bagi brand online, baik di Indonesia maupun global.
2. Tentukan tujuan Memiliki Situs Web
Apakah situs web tersebut akan mempromosikan perusahaan, menjadi alat pemasaran untuk mengiklankan bisnis offline Anda? Atau, akankah situs web tersebut menjadi toko eCommerce dimana pengunjung dapat membeli barang dan jasa online?
3. Desain dan penampilan Sebuah situs secara visual harus menarik dan profesional.
4.Menciptakan kepercayaan melalui konten
Konten pada situs web Anda harus bersifat informatif dan relevan dengan audiens, dengan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang ahli dan memahami kebutuhan para pembaca; hal ini akan menghasilkan kepercayaan dalam brand Anda.
5. Pilihlah website yang mudah dinavigasi
Navigasi adalah roadmap dari situs web Anda. Pengunjung situs web Anda harus mengetahui tiga hal penting: dimana mereka berada, kemana mereka bisa pergi, dan bagaimana mereka bisa kembali ke tempat darimana mereka berasal. Ingat, pengunjung situs web Anda sedang terburu-buru, jangan membuat mereka mengejar informasi atau membuat mereka menerka kemana tujuan mereka selanjutnya.
6.Perbarui dan Perbaiki Konten Situs Web Secara Reguler
Situs web yang berisi informasi yang sama selama berbulan-bulan menjadi stagnan dan mudah diprediksi. Cobalah untuk mengganti salah satu halaman grafis utama pada web Anda dengan versi yang lebih baru atau menambahkan berita terbaru seputar perusahaan Anda.