Feature Phone Pun Bisa Akses Internet 4G

QCOM_205_Megafone_front_sm

Jakarta, Selular.ID – Penggunaan feature phone atau ponsel fitur di negara-negara berkembang bukan lagi sebatas telepon dan SMS saja. Namun juga sampai ke tingkat lebih tinggi seperti pembayaran mobile dan video call. Tak ayal bila nanti banyak feature phone yang juga dibekali jaringan 4G demi menunjang kecepatan berinternet.

Produsen chipset smartphone Qualcomm membangun sebuah chip khusus ponsel fitur. Qualcomm 205 Mobile Platfrom merupakan chip khusus yang mendukung koneksi 4G LTE di ponsel murah tersebut.

Qualcomm 205 mengkombinasikan Snapdragon seri low-end dengan komponen internal lain, termasuk manajemen power, RF, speaker ampilifier, dan software, serta kemudahan pihak ketiga ketika membuat ponsel 4G yang murah.

Platform Mobile Qualcomm 205 dirancang untuk OEM dan ODM yang melayani konsumen dengan akses terbatas ke ponsel, terjangkau dan dapat diandalkan. Ini termasuk di negara-negara berkembang seperti di India, Amerika Latin, dan Asia Tenggara.

Koneksi 4G LTE yang memiliki bandwith tinggi serta latency yang rendah, akan memberikan keuntungan lebih untuk koneksi di ponsel fitur, seperti jaringan Jio di India.

Qualcomm 205 akan menjadi chipset LTE termurah buatan Qualcomm. Chip ini akan bertahan hingga 45 hari siaga baterai, dan mendukung berbagai fitur andalan lain.

Chip ini mendukung kamera utama 3MP, kamera selfie VGA, dual SIM, dan layar VGA 480p. Dan ketika terhubung ke jaringan LTE, mampu mendorong kemampuan unduh hingga 150 Mbps, dan kemampuan unggah hingga 50 Mbps.

Selain itu, chip ini juga bisa untuk penggunaan Voice over LTE (VoLTE) dan Voice over Wi-Fi (VoWi-Fi).

Ponsel fitur berbasis Qualcomm 2015 akan mulai hadir di kuartal kedua tahun ini, dan menyasar negara berkembang, termasuk India, dan Asia Tenggara. Belum diketahui siapa rekanan Qualcomm di Indonesia yang akan memproduksi ponsel fitur ini nanti.