Beranda Tips Baterai Smartphone Boros? Clear Cache

Baterai Smartphone Boros? Clear Cache

-

cas_baterai_android
Jakarta, Selular.ID – Jika performa baterai smartphone Android Anda tiba-tiba menurun drastis, mungkin tiba waktunya untuk membersihkan cache. Pada banyak kasus, clear cache bisa mengembalikan kinerja smartphone seperti semula.

Bagaimana mengetahui baterai smartphone boros? Ketika Anda mengisi daya penuh (100%) namun dalam waktu 1 jam kemudian dengan pemakaian standard baterai berkurang 15%, berarti konsumsi tersebut di luar batas kewajaran.

Hal pertama yang perlu dicek adalah mungkin ada aplikasi yang memicu pemborosan seperti aplikasi benchmark atau lainnya. Jadi sebaiknya aplikasi tersebut dihapus atau uninstal.

Namun jika usai uninstal, tidak ada perubahan pada konsumsi baterai, sebaiknya Anda lakukan clear cache.

Cache memori merupakan tempat menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama, maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.

Caranya? Jika Anda menggunakan smartphone Android versi 4.4 Kitkat, membersihkan cache melalui menu Settings > Storage > Cached Data > OK untuk konfirmasi.

Pada smartphone Android 5.0 Lollypop, membersihkan cache melalui menu Settings > Storage > Internal Shared Storage > Cached Data > OK (untuk mengkonfirmasi). Selesai.

Jika panduan langkah clear cache di atas berbeda di smartphone Anda, Anda bisa ‘gugling’ untuk mengetahui langkah clear cache di smartphone Anda secara spesifik. Karena biasanya masing-masing pabrikan sudah memodifikasi menu tersebut.

Usai clear cache, kinerja baterai smartphone Anda seharusnya kembali ke semula. Hitungan normalnya, energi baterai berkurang 5% selang 1 jam untuk pemakaian cukup intens.

IMG_20170304_161022
Jika berhasil, sebaiknya Anda ingat-ingat kembali clear cache. Sehingga ketika mengalami masalah serupa dan teknisi Anda menyarankan untuk factory reset, Anda bisa lakukan clear cache terlebih dahulu.

Rutin melakukan clear cache juga baik untuk mengatasi aplikasi yang lag atau malfungsi, yang menyebabkan smartphone Anda ‘lemot’.

Artikel Terbaru