Tuesday, August 20, 2019
Home News Akamai Ion, Teknologi Muluskan Kecepatan Akses Web

Akamai Ion, Teknologi Muluskan Kecepatan Akses Web

-

 

akamai-alta-web-performance
Jakarta, Selular.ID – Pertumbuhan e-commerce di Indonesia semakin meningkat seiring dengan kenaikan pengguna internet yang mencapai hingga 30 persen dari total populasi. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia, nilai transaksi e-commerce di tahun 2016 mencapai Rp 394 triliun.

Dengan melihat angka-angka ini, menimbulkan keinginan banyak orang untuk bersaing dalam dunia bisnis digital saat ini dan sebagai negara kepulauan yang luas, e-commerce memiliki potensi besar untuk berkembang di pasar Indonesia.

Namun demikian, tentang koneksi internet di Indonesia menjadi isu utama. Letak geografi negara Indonesia yang terdiri dari banyak pulau menimbulkan tantangan terbesar, sehingga membatasi kecepatan koneksi dan juga penetrasinya. Menurut State of the Connectivity Internet Report Q3 2016 dari Akamai, kecepatan internet di Indonesia menduduki peringkat rendah pada urutan ke-76 di dunia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia (APJIII) juga menyatakan bahwa penetrasi internet hanya memiliki 40 persen dari penduduk Indonesia. Sehingga, para pebisnis online perlu memastikan bahwa infrastruktur TI mereka dapat dikembangkan untuk memenuhi tantangan ini.

Sebagai contoh, Zalora sebagai salah satu eCommerce ritel fashion terbesar di Indonesia ingin terus memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumennya. Salah satunya Zalora mengutamakan pemeliharaan server website-nya, sehingga pengunjung akan selalu nyaman ketika mengunjungi situs web atau aplikasi seluler Zalora untuk mencari produk yang diinginkan.

Menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Google, 53 persen dari sesi ditinggalkan jika konten tidak memuat dalam waktu tiga detik, sehingga kemampuan untuk memberikan pengalaman mobile yang besar sangat penting untuk keberhasilan bisnis online.

Sejalan dengan Indonesia yang mendorong ekonomi digitalnya secara agresif, kekhawatiran ini mendesak adanya solusi bagi bisnis-bisnis yang memanfaatkan platform digital.

Akamai memperkenalkan versi terbaru dari Akamai Ion, Solusi Kinerja Web unggulan perusahaan, dirancang untuk mempermudah dalam menghadirkan pengalaman online yang menarik dengan meningkatkan optimalisasi berbasis mesin pembelajaran baru perusahaan.

Selain itu, Akamai juga akan memungkinkan para pengembang untuk menghadirkan pengalaman aplikasi seluler instan dengan menggunakan alat pengembangan perangkat lunak baru (SDK). Untuk membantu mengoptimalkan pengalaman web dan aplikasi seluler, Akamai Ion versi terbaru kini memiliki kapabilitas dan keunggulan dalam Optimalisasi Kinerja Otomatis, SDK Kinerja Aplikasi Seluler, dan Optimalisasi Seluler.

Latest