Tips Tampil Maksimal Saat Live di Layanan Video Streaming

Oppo F1s selfiecam

Jakarta, Selular.ID – Video menjadi fitur andalan jejaring sosial saat ini. Berbagai platform media sosial menyediakan layanan berbagi video seperti Youtube. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, sampai aplikasi chatting Line juga menyuguhkan fitur video.

Lebih canggih lagi, sekarang pengguna bisa menyiarkan langsung video yang mereka rekam, menyaingi layanan video streaming seperti Cliponyu, Nono Live, serta Bigo.

Ya, fitur live streaming sekarang juga tersedia di berbagai medsos. Mulai dari Youtube live, Periscope (Twitter), Facebook Live, sampai Instagram Live.

Pengguna smartphone sekarang bisa dengan mudah menyiarkan videonya secara real time melalui layanan medsos di atas.

Bagi Anda yang ingin mencoba (atau sudah pernah) melakukan siaran langsung, sebaiknya perhatikan tips berikut, supaya video live lebih kece (dan follower tambah banyak).

1.       Pencahayaan
Pastikan kondisi sekitar yang akan berada dalam frame terang, atau setidaknya tidak gelap. Apalagi jika Anda merekam video pada malam hari, sebaiknya gunakan alat bantu untuk penerangan seperti lampu.

2.       Latar belakang
Guna lebih memanjakan mata penonton, sebaiknya cari latar belakang yang bagus, sesuai tema yang ingin diangkat. Misalnya ingin merekam suasana konser, pastikan latar Anda adalah panggung konser itu sendiri, bukan malah merekam penonton. Kecuali memang Anda sengaj ingin merekam suasana crowd.

3.      Sudut kamera
Atur kamera untuk angle rekaman yang bagus. Misalnya posisikan kamera di atas kepala untuk bisa menyorot wajah Anda beserta pemandangan bawah ketika berada di ketinggian. Atau sebaliknya posisikan kamera di bawah ketika ingin menyorot pemandangan gedung tinggi yang cemerlang.

4.       Penampilan diri
Sebelum live, sebaiknya persiapkan penampilan diri sebaik-baiknya. Misalnya pastikan wajah Anda lebih menarik untuk dilihat dengan membubuhkan bedak agar tidak berminyak. Selain wajah, outfit juga tidak kalah penting. Misalnya jika tema video Anda adalah Valentine, sebaiknya gunakan baju warna pastel.

5.       Stabil
Merekam video itu gampang-gampang susah. Jika merekam sendiri sambil memegang kamera di tangan, yang paling susah mungkin adalah menjaga kestabilan kamera. Apalagi smartphone sangat enteng digerakkan. Bila perlu, pakai tripod atau gimbal.

6.       Manfaatkan fitur kamera di smartphone
Di smartphone keluaran terbaru, biasanya sudah dilengkapi aneka fitur penunjang rekam video. Misalnya lampu flash dan fitur stabilizer. Jangan lupa aktifkan fitur video stabilizer jika Anda live sambil bergerak.

7.       Kamera selfie canggih
Rekam video live tentu akan lebih maksimal jika menggunakan kamera depan. Karena dengan begitu, Anda bisa melihat sendiri hasil rekaman Anda, seperti yang dilihat pemirsa. Jadi, sebaiknya gunakan smartphone dengan kamera selfie yang mumpuni. Contohnya adalah smartphone Oppo F1s yang memiliki kamera selfie 16MP dengan tambahan flash di depan.