Tuesday, July 16, 2019
Home News Oracle Sediakan Solusi Cloud Ikuti Aturan Regulator

Oracle Sediakan Solusi Cloud Ikuti Aturan Regulator

-

oracle

Jakarta, Selular.ID – Peluang bisnis cloud computing di Indonesia sedang terbuka lebar. Bagi provider cloud yang ingin mengembangkan layanannya tentu sebelumnya harus melihat peraturan yang berlaku saat ini. Regulasi dari Kementerian Kominfo menetapkan aturan bahwa data center perusahaan layanan transaksi elektronik di Indonesia harus berada di dalam wilayah teritori Indonesia. Tujuannya agar data tersebut juga tidak disalahgunakan oleh pihak lain yang berada di luar dan dalam teritori Indonesia.

Salah satu perusahaan di bidang cloud computing, Oracle, mengutarakan kesiapan mengikuti regulasi yang ada terkait tawaran cloud. Bukti dari kesiapannya, Oracle bahkan sudah menyediakan beberapa solusi cloud yang sesuai dengan peraturan saat ini.

“Cloud itu masih ada regulasi yang berjalan. Tapi kami juga tetap melihat bahwa ada beberapa area yang coba kami solve. Jadi ada produk-produk solusi untuk mengakomodasi regulasi yang ada saat ini,” kata Erwin Sukito, Managing Director Oracle Indonesia, saat berbincang dengan Selular.ID, hari ini (8/2/2017)

Untuk lokasi dan keamanan data, Oracle menyediakan solusi Oracle Cloud Machine yang bisa diletakkan di data center pelanggan mereka. Ini akan membantu pelanggan mendapatkan kepastian terkait lokasi data mereka, sesuai dengan peraturan yang akan ditetapkan pihak regulator.

Erwin melanjutkan, dalam acara Oracle Cloud Day, perusahaan mengundang perwakilan dari Kemenkominfo, selaku regulator di Indonesia untuk membahas peraturan terkait cloud untuk data-data penting perusahaan. Nantinya, akan ada pengaturan khusus terkait data apa yang bisa disimpan di cloud, mana yang harus on premise, untuk sektor-sektor penting.

“Kami punya solusi untuk menjawab itu. Hari ini kan kita ngomongin ERP (Enterprise resource planning -ed). Kami punya solusi lain untuk menanggapi regulasi yang ada sekarang,” ujarnya.

Oracle punya solusi cloud yang lengkap, SaaS, PaaS, dan IaaS, sehingga membuat Oracle menawarkan cloud end-to-end yang membuat pengguna layanan mereka mendapatkan cloud sesuai apa yang dibutuhkan.

Latest