Beranda Devices Mengenal Lebih Jauh Soal Chipset Prosesor di Smartphone

Mengenal Lebih Jauh Soal Chipset Prosesor di Smartphone

-

NVIDIA-Intros-LTE-Enabled-Tegra-4i-Phoenix-Reference-Smartphone-7

Jakarta, Selular.ID – Tidak seperti zaman dahulu, perkembangan industri smartphone saat ini sudah banyak berubah. Jika sebelumnya Smartphone lebih popular dengan merek dan desainnya, namun saat ini industri Smartphone sudah memikirkan tentang kecepatan dan kinerja. Oleh karenanya banyak Smartphone saat ini lebih bersaing dengan perangkat PC. Berbicara tentang soal kinerja ponsel, CPU (Central Processing Unit) adalah komponen pertama pada perubahan industri Smartphone saat ini.

Smartphone yang kita kenal sekarang sudah berevolusi menjadi sebuah perangkat smartphone atau ponsel pintar. Beberapa smartphone saat ini sudah berkembang sejalan dengan teknologi membenamkan CPU. CPU berkekuatan single-core ke dual-core, quad-core, dan sekarang sudah meningkat menjadi octa-core, lalu akan terus meningkat sesuai dengan perkembangannya.

Melihat lembar spesifikasi dari sebuah smartphone, bisanya nampak istilah-istilah chipset prosesor seperti Snapdragon, Tegra 3, Mali-400, Cortex-A9 dan lainnya. Itu adalah sebagian dari merek chipset prosesor yang berada didalam sebuah smartphone. Pada bagian dari chipset tersebut ada komponen bernama CPU seperti layaknya sebuah PC, CPU ini disebut dengan istiah SoC (System on a Chip).

SoC merupakan sirkuit terpadu yang menggabungkan semua komponen utama dari sebuah komputer dalam satu chip. SoC bisa terdiri atas Jadi CPU, kartu grafis, memory controller dan komponen lainnya disatukan dalam satu chipset.

Dengan cara ini produsen smartphone dapat memasangkan chipset pada sebuah perangkat mereka, sehingga tidak perlu memasang beberapa komponen dalam sebuah smartphone. Dengan chipset inilah smartphone dapat dijalan berjalan dengan kecepatan yang lebih baik.

Artikel Terbaru