Thursday, April 25, 2019
Home News Startup Gojek Gelar Hackathon Open Source Di Indonesia

Gojek Gelar Hackathon Open Source Di Indonesia

-

IMG_20170202_215916
Jakarta, Selular.ID – Dalam kurun waktu dua tahun, Gojek kini menaungi 16 layanan di dalam satu platform. Melihat perkembangan pesat di internal perusahaan dan industri teknologi digital pada umumnya, Gojek pun mengadakan kompetisi hacking marathon atau Hackathon.

Bahasa pemrograman atau coding, merupakan salah satu modal utama dalam membuat startup digital. Guna mendorong penggiat coding untuk lebih kreatif, berbagai kompetisi Hackathon kerap diselenggarakan di Tanah Air. Tahun ini, Gojek menggelar Go-Hackathon sendiri.

Berbeda dengan Hackathon yang umumnya terbatas pada menciptakan solusi digital untuk pihak tertentu, Go-Hackathon bersifat terbuka.

Dalam media update, Seto Lareno, PIC Go-Hackathon, Gojek Indonesia, mengutarakan bahwa kompetisi ini merupakan project open source.

“Kenapa open source? karena nantinya, hasil dari projek mereka, akan bisa digunakan oleh orang banyak, mulai dari penggiat teknologi untuk mendevelop startup mereka,” ujar Seto, di kantor Gojek, di Jakarta (2/2/2017).

Melalui Go-Hackathon, Gojek mengajak kalangan muda Indonesia untuk membuat solusi permasalahan sehari hari berupa karya teknologi berbasis open source seperti aplikasi, tools, API atau library.

Kompetisi hacking marathon tersebut memiliki tema utama #KaryaTanpaBatas dan terbagi menjadi tiga tema umum kompetisi yaitu mobility, data engineering dan infrastructure engineering.

Guna mengikuti kompetisi ini, para calon peserta bisa mendaftar dan mengumpulkan ide dan coding test yang akan dikembangkan di https://www.hackerearth.com/sprints/go-hackathon/.

Periode pendaftaraan dan pengumpulan dibuka mulai dari tanggal 03 Februari – 10 Maret 2017. Setelah itu, setiap ide yang masuk akan dinilai oleh dewan juri, dan akan dipilih 30-35 finalis. Pengumuman finalis akan dilakukan pada 17 Maret 2017.

Para finalis tersebut kemudian harus mengimplementasikan ide mereka dalam 24 jam pada babak final Go-Hackathon yang akan digelar pada 25-26 Maret 2017 di Jakarta. Lima tim dengan karya terbaik akan memiliki kesempatan untuk mempresentasikan karyanya pada saat babak final.

Lebih lanjut, Bherly Novrandy, Tech Lead Gojek menambahkan “Guna membantu para peserta tema utama tersebut kami bagi menjadi tiga kategori umum yaitu mobility, data engineering dan infrastructure engineering. Para peserta tidak harus terikat dengan salah satu kategori, mereka bisa menggabungkan beberapa kategori”.

Kompetisi hacking marathon yang pertama kali diselenggarakan oleh Gojek ini akan memperebutkan hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp120 Juta. Selain itu, para pemenang kedua akan mendapatkan Macbook Pro untuk setiap anggota tim dan pemenang ketiga akan mendapatkan Google Pixel untuk setiap anggota tim.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest