Beranda News Social Media Apa Layanan Musik Streaming Favorit Indonesia?

Apa Layanan Musik Streaming Favorit Indonesia?

-

music-streaming
Jakarta, Selular.ID – Perkembangan teknologi mengubah gaya hidup banyak orang, tidak terkecuali dalam mendengarkan musik. Bukan lagi memutar lagu dari album fisik seperti piringan hitam, kaset, atau CD, penikmat musik di kalangan milennial lebih sering mendengarkan musik secara digital. Dengan begitu, mereka bisa mendengar lagu favorit dari banyak perangkat yang mendukung seperti smartphone, media player, dan audio player yang terpasang di kendaraan.

Memahami memori perangkat yang terbatas, sejak dua tahun silam mulai berkembang layanan musik streaming. Penikmat musik tetap bisa mendengar lagu favorit tanpa harus mengunduh dan menyimpan file ke dalam perangkat mereka. Syaratnya, mereka harus selalu terhubung ke akses internet.

Layanan musik streaming telah menjadi industri besar di Eropa, Amerika Serikat serta Australia-Selandia Baru namun di Asia Tenggara, tren ini sedang berkembang.

Indonesia sendiri menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan layanan streaming musik global, karena negara RI memiliki populasi 260 juta dengan lanskap digital yang bagus serta tingkat penetrasi yang terus meningkat.

Melihat perkembangan itu, lembaga riset Isentia melakukan pemantauan pembicaraan media sosial pada 3 layanan musik streaming yakni Joox, Spotify dan Apple Music. Pemantauan dilakukan sejak 9 Februari sampai 16 Februari 2017.

Dari hasil pemantauan di media sosial seperti Facebook, Twitter dan blog, Joox terlihat mendominasi perbincangan dengan 50.73% (6186) buzz. Sementara Spotify meraih 32.22% (3929) dan Apple Music mendapat 17.05% (2079) total pembicaraan di media sosial.

Pembicaraan berkisar tentang pengalaman mendengarkan musik dan artis favorit di aplikasi layanan musik streaming tersebut. Pengguna Joox lebih banyak membicarakan lagu terbaru Ed Sheeran dan The Chainsmokers yang baru dirilis.

Sementara pengguna Spotify sedang memperbicangkan lagu dari grup K-pop Bangtan Boys yang kebetulan akan konser di Jakarta. Lalu pengguna Apple Music lebih banyak mempromosikan single terbaru bintang k-pop Kyuhyun.

music streaming survey
Hasil ini cukup mengagetkan. Pasalnya, Spotify dan Apple Music adalah dua brand yang sangat besar di pasar global dibandingkan Joox yang saat ini hanya tersedia di Hong Kong, Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Pada 2016, konsumsi layanan streaming di Amerika Serikat sendiri berhasil melewati produk fisik dan model download digital. Seiring dengan dorongan tren, konektivitas hingga tumbuhnya generasi digital native di Indonesia, tentu akan sangat menarik melihat persaingan industri layanan musik streaming di Tanah Air ke depannya.

Artikel Terbaru