Monday, May 27, 2019
Home Tips Tips Andalkan Jejaring Sosial untuk Menjual Barang Bagi UKM

Tips Andalkan Jejaring Sosial untuk Menjual Barang Bagi UKM

-

IMG_20170228_115337Jakarta,Selular.ID – Menurut survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), ada sebanyak 132,4 juta orang di Indonesia yang telah terhubung dengan internet dan ini merupakan setengah dari total populasi Indonesia yang saat ini adalah sebesar 256,2 juta jiwa. Dari jumlah pengguna internet tersebut, 97,4% diantaranya mengakses internet untuk menggunakan media sosial.

Ini berarti media sosial telah menjadi platform yang digunakan banyak orang dan tentunya dengan potensi besar sebagai pasar tempat orang menjual barang dan jasa.

Dengan melihat itu, berarti media sosial bisa dimanfaatkan untuk memasarkan jasa dan produk bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), ini beberapa tips melakukan pemasaran melalui media sosial serta memasarkan produk bagi pelaku UKM

1. Rencakan Pemasaran dengan Media Sosial.

Media sosial dapat dikembangkan dengan biaya yang murah atau bahkan tanpa biaya.Kemudahan dan kecepatan interface yang mudah digunakan berarti memudahkan keberadaan online penggunanya, untuk diakses dengan cepat dalam hitungan menit.

Jejaring media sosial ini tentu bersifat sosial sehingga memiliki basis pengguna besar yang tentunya bagus untuk menarik calon pelanggan.

Idealnya, menggunakan media sosial untuk mendorong pengunjung ke situs web utama sebagai alat pemasaran dalam memperkuat brand, pesan, dan konten.

2. Buat Konten Semenarik Mungkin di Media Sosial

Cara terbaik untuk mendapatkan perhatian pelanggan dan mendorong interaksi pengguna adalah dengan memberikan konten berkualitas tinggi dan menarik secara teratur untuk target pelanggan yang dinginkan. Buat konten yang mudah dipahami, lengkap dan jujur.

3. Mengeluarkan Sedikit Biaya untuk Menjangkau Pelanggan Baru

Cobalah iklan berbayar pada jejaring sosial, tempat dimana pelanggan dan prospek menghabiskan waktu. Terdapat banyak platform sosial yang memiliki pilihan yang hemat biaya.
Berikut beberapa pilihan yang tersedia:

Beriklan di Twitter bisa disesuaikan dengan ketersediaan dana dan data dengan mudah diatur hanya dengan menggunakan kartu kredit.

Facebook dan LinkedIn memperkenankan untuk memilah target pemasaran berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan lainnya.

Beriklan di YouTube dapat mendorong lebih banyak view ke video dan pengguna hanya perlu menyesuaikan kebutuhan dengan dana.

Kemudian beriklan di Google dapat membantu mengukur rate on investment (ROI) Pelaku UKM.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest