Thursday, October 22, 2020
Home News Teknologi Massif MIMO Bikin Jaringan 4G Smartfren Tambah Ngebut

Teknologi Massif MIMO Bikin Jaringan 4G Smartfren Tambah Ngebut

-

munir-2Jakarta, Selular.ID – Untuk mengoptimalkan jaringan 4G LTE Advanced sekaligus sebagai persiapan infrastruktur menyambut datangnya 5G, Smartfren melakukan uji coba penerapan teknologi Massif MIMO Base Station dan Multi-Antenna Space Division Multiple Access (SDMA) milik ZTE.

Andy Xong, Account Director ZTE Indonesia mengatakan bahwa teknologi Massif MEMO hadir khusus untuk operator telekomunikasi berbasis TDD. Alhasil di Indonesia hanya Smartfren yang baru menggunakan perangkat tambahan ini. Perangkat Massive MIMO milik ZTE ini memiliki 64 antena, yang diharapkan bisa memberikan solusi untuk meningkatkan akses internet di dalam dan luar area.

Setelah melakukan uji coba, rencananya Smartfren akan menggenjot adopsi teknologi ini dan akan menjangkau ke banyak lokasi di seluruh Indonesia dengan memproritaskan pada daerah dengan trafik yang padat.

“Di tempat-tempat semuanya trafik kita tinggi, kita akan coba prioritaskan untuk dipasang teknologi ini, yang akan kita kerjakan sampai Q3 nanti. Jumlahnya, lebih dari 100 lokasi yang sudah kita siapkan,” kata Munir SP, Head of Network Special Project Smartfren..

Sekadar gambaran mengenai kecepatan akses yang disajikan, berbekal teknologi Massif MIMO, kecepatan jaringan Smartfren tercatat mampu memberikan kecepatan download rata-rata 40 – 50 Mbps.

speedtest-massifmimoSementara untuk upload kecepatannya ada di angka sekitar 7.72 Mbps. Pengujian sendiri dilakukan Smartfren dan tim dari ZTE di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten.

Latest