Beranda News Performa Browser Microsoft Edge Dinilai Belum Maksimal

Performa Browser Microsoft Edge Dinilai Belum Maksimal

-

microsoft edge

Jakarta, Selular.ID – Microsoft rela mengganti nama browser andalannya, Internet Explorer, demi sebuah browser baru di platform Windows 10 berjuluk Microsoft Edge.

Sedari merilis browser ini, Microsoft mengklaim bahwa layanan penjelajah ini jauh lebih baik dari Internet Explorer, dan juga dari pesaingnya semisal Google Chrome, Apple Safari, hingga Mozilla Firefox. Namun bila berkaca dari laporan Net marketshare, ternyata hasil statistiknya berkata hal yang sebaliknya.

Statistik dari Net marketshare mengungkap tentang kinerja dari sebuah sistem operasi, baik versi mobile maupun dekstop.

Data menunjukkan bahwa Windows 10 telah terinstal pada 24,5 persen dari perangkat pada akhir Desember 2016. Ini membukukan kenaikan yang solid dibandingkan dengan sekitar 10 persen pada akhir Desember tahun lalu.

Sementara itu, oenggunaan Windows 7 mengalami penurunan dari 55,68 persen menjadi 48,34 persen pada periode yang sama.

Meski pangsa pasar Windows 10 telah meningkat jauh selama tahun lalu, namun hal berbeda ditunjukkan oleh Microsoft Edge. Pada akhir 2016, pangsa pasar Edge hanya naik sedikit dari 2,79 persen menjadi 5,33 persen.

Bandingkan dengan Google Chrome yang memiliki market share 32,33 persen menjadi 56,43 persen pada periode yang sama.

Hal ini menunjukkan bahwa meski Windows 10 menang atas adopsi PC, namun browser milik Microsoft masih belum menandingi layanan penjelajah web dari Google.

Artikel Terbaru