
Jakarta, Selular.ID – Sebagai negara berkembang dan pertumbuhan pengguna internet yang tinggi membuat Indonesia menjadi negara tujuan investasi bagi para pelaku usaha global termasuk di sector e-commerce. Hal ini terlihat dari mulai masuknya beberapa pemain global untuk mencicipi manisnya pasar Indonesia. Meski demikian kedatangan para pemain besar asing ini tidak membuat pelaku e-commerce lokal berkecil hati.
Indonesia menurut Aulia E Marintho, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (Idea) mempunyai karakteristik tersendiri yang tidak mudah untuk ditaklukkan. Untuk itu dirinya merasa tidak khawatir dengan pemain e-commerce besar asing seperti Alibaba misalnya jika ingin mencoba pasar Indonesia.
“Alibaba itu besardi negaranya yang juga besar, bisa dibilang mereka jago kandang ketika mereka masuk ke Indonesia belum tentu juga bisa menang,” ungkapnya saat konferensi pers Indonesia E-Commerce Summit dan Expo 2017 di Gedung Kominfo, Jakarta (26/1/2017).
Lebih lanjut disampaikan Aulia, pemain besar seperti Alibaba dan Amazon besar Karena mereka menguasai logistic. Hanya saja medan yang mereka hadapi untuk urusan logistic tidak sama dengan yang ada di Indonesia dimana negara ini terdiri dari kepulauan.
“Geografi kita berbeda, apakah mereka mampu mengirimkan barang dari Aceh sampai ke Papua yang dipisahkan oleh beberapa pulau? Mau menggunakan drone? Apa drone-nya sanggup sejauh itu?” tegasnya.
Di Indonesia diakui Aulia industry e-commerce-nya memang dimulai belakangan, namun dirinya meyakini industry ini akan dapat tumbuh besar dengan cepat. “Jadi ngga usah khawatir karena ketika pemain asing datang, kita sudah besar duluan,” pungkasnya.