Monday, July 22, 2019
Home News Enterprise Gara-Gara G5, LG Rugi Rp 3 Triliun

Gara-Gara G5, LG Rugi Rp 3 Triliun

-

lg-logo-mwc
Jakarta, Selular.ID – LG resmi mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal terakhir tahun 2016. Perusahaan asal Korea Selatan itu membukukan kerugian sebesar KRW 258,8 miliar (setara dengan Rp 3 triliun) untuk Q4 tahun lalu.

Dalam rilis resmi yang diunggah hari ini, dikatakan bahwa kerugian yang dialami perusahaan disebabkan dua faktor utama, yakni kinerja penjualan yang buruk dari divisi produk mobile dan komponen kendaraan.

“Namun, karena kerugian dari mobile communications dan komponen kendaraan, LG melaporkan kerugian bersih kuartal keempat sebesar KRW 258.80 miliar (USD 223.98 juta).” tulis LG.

Meski kinerjanya terbilang buruk, namun divisi Bisnis Mobile Communications LG tetap dilaporkan meningkat 15,4 persen kuartal-per-kuartal. Hanya saja LG mengaku profitnya “terhambat karena lemahnya penjualan smartphone G5.”

Pertumbuhan di divisi mobile diklaim LG berkat hasil penjualan yang sangat baik dari smartphone andalannya V20. Perusahaan berharap keberhasilan yang sama akan dialami perangkat “massa-tier” yang akan dirilis setelah Mobile World Congress 2017 untuk “membantu meningkatkan” posisi pasar perusahaan mobile-nya.

Salah satu smartphone LG mendatang yang sudah disiapkan adalah LG G6, yang disinyalir akan menjadi smartphone lebih “straightforward” (jujur) dibandingkan dengan LG G5 yang modular.

Rumor menyebut bahwa G6 akan mengusung layar QHD LCD 5,7 inci, dengan rasio layar-ke-bodi lebih besar dari 90 persen dan rasio aspek 18: 9 (atau 2: 1).

Secara keseluruhan, perusahaan mengumumkan laba 2016 operasi dari KRW 1,34 triliun (sekitar Rp 15,329 triliun) atau naik 12,2 persen daripada 2015. Kinerja yang sangat baik ditunjukkan dari divisi peralatan rumah tangga, solusi udara, dan home entertainment. Divisi-divisi itu dikatakan mencapai laba operasional tertinggi yang pernah mereka alami.

Latest