Thursday, August 13, 2020
       
Home News Telenor Dikabarkan Bakal Ambil Alih XL dari Axiata

Telenor Dikabarkan Bakal Ambil Alih XL dari Axiata

-

telenor-officeJakarta, Selular.ID – Sebuah perusahaan telekomunikasi asal Norwegia, Telenor dikabarkan akan membeli saham Axiata di XL. Kabar tersebut didapat dari hasil penelusuran redaksi Selular.

Dari penelusuran yang dilakukan didapatkan informasi dari sumber di Rajawali Group bahwa transaksi tersebut belum final hingga XL dapat menunjukkan pertumbuhan bisnis yang menjanjikan.

Hingga saat ini agenda transformasi yang dilakukan memang XL belum menunjukkan hasil yang positif. Emiten yang memiliki kode bursa EXCL ini di quartal 3 tahun 2016 hanya membukukan pendapatan Rp16 triliun. Padahal di periode yang sama tahun sebelumnya pendapatan operator telekomunikasi asal Malaysia ini bisa mencapai Rp 16,9 triliun.

Lebih lanjut, menurut sumber yang didapat Selular, salah satu parameter yang diinginkan agar transaksi tersebut final adalah dengan disahkannya revisi PP 52 dan 53 yang akan melancarkan agenda XL.

Seperti diketahui Rajawali Group merupakan Grup bisnis milik konglomerat Peter Sondakh yang dulu secara mayoritas menguasai XL sewaktu namanya masih Excelcomindo Pratama saat Rudiantara menjadi salah satu direkturnya.

Belakangan rumor pembelian saham operator di tanah air ini memang cukup kencang berhembus setelah sebelumnya Sinarmas dan juga China Telecom dikabarkan bakal mengambilalih Indosat dari tangan Ooredoo sebagai upaya menggoyang dominasi Telkom di industri telekomunikasi Indonesia.

Saat iniTelkom menjadi satu-satunya operator telekomunikasi di Ondonesia yang sangat sehat kinerjanya ketika operator lain berusaha untuk sekedar bisa bertahan dalam persaingan.

Telenor sendiri merupakan perusahaan telekomunikasi multinasional yang bermarkas di Fornebu, Norwegia dan beroperasi di 29 Negara yang ada di Skandinavia, Eropa Timur dan Asia dan juga menjadi operator pertama di dunia yang mengoperasikan 4G.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest