SHARE

Coolpad power2

Jakarta, Selular.ID – Jika Motorola punya Moto E3 Power dan Lenovo punya Seri P1 Turbo sebagai smartphone dengan baterai besar, kini Coolpad juga tidak mau kalah dengan meluncurkan Coolpad Power E580. Dengan baterai berkapasitas 4000 mAh, Coolpad Power diklaim memiliki kemampuan untuk dapat bertahan lama.

 Kelebihan          
– Kapasitas Baterai Besar
– 4G Ready
– OS + UI Anyar

Kekurangan
– Resmi Tidak 4G LTE
– Baterai non-removable
– Performa Hardware standar

Ergonomis

Memiliki bentuk yang cukup kompak, Coolpad power terbilang pas dengan ukuran jari orang asia. Digunakan maupun digenggam sangat nyaman apalagi bodi bagian belakang agak melenkung sehingga memudahkan pegangan saat menggunakannya dengan satu tangan.

Menggunakan konsep unibodi, pengguna tidak mudah untuk mencopot-pasang baterai. Untuk mengakses slot SIM card pengguna harus menggunakan SIM ejector melalui  slot yang tersedua disebelah kanan. Coolpad power tidak mengunakan bahan material yang cukup bagus karena hanya dibalut denganbodi plastik di seluruh bodinya.

Memiliki bentuk yang ergonomis cukup memberikan kenyamanan pengguna saat menggunakannya. Dengan balutan bahan material plastic memang menjadi keuntungan tersendiri, karena smartphone menjadi lebih ringan untuk dibawa kemana-mana. Sayangnya dnegan material ini justru kualitasnya Nampak kurang kokoh.

Baterai Besar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Coolpad Power memiliki keunggulan pada kapasitas baterai yang besar. Menggunakan baterai Lithium Polymer berkapasitas 4000 mAh, membuatnay menjadi salah satu smartphone dengan kategori baterai yang besar.

FiturCoolpad mengklaim Coolpad Power mampu bertahan hingga sehitar 30 jam untuk talktime. Pada pengujian yang Selular lakukan pada smartphone ini, mamenga cuku mampu bertahan lama yakni sekitar 15 jam dengan penggunaan standart.

Untuk Kemampuan baterainya, sayanganya Coolpad tidak menambahkannya dengan kemampuan pengisan daya yang cepat fast charging untuk memudahkan pengguna yang hanya memiliki waktu singkat untuk mengisi ulang baterai. Beruntung pengguna masih dapat menggunakan  fitur penghemat baterai. Sehingga mampu mempertahankan beberapa saat, sehingga smartphone bisa tetap aktif.

Selanjutnya

[nextpage title=”Layar”]
Layar

Untuk tampilan layar, Coolpad menanamkan layar IPS dengan resolusi HD 720×1280 piksel. Dengan kerapatan piksel mencapai 294ppi, membuatnya cukup baik untuk menampilkan antarmuka coolUI yang dibenamkan.

interface

Dengan teknologi MiraVision Coolpad Power juga mampu membuat mata lebih nyaman. Dengan teknologi ini penggua bisa mengatur mode gambar sesuai kebutuhan, dan tentunya dengan kualitas yang natural.

Layar

Dari sisi kualitas layar memang terbilang cukup bagus, namun tidak diberengi dengan ketahanan baterai yang baik. Coolpad tidak melapisi layar ini dengan daya tahan yang cukup baik untuk mencegah goresan pada layar dengan begitu pengguna harus hati-hati atau paling tidak menambahkan lapisan pada layar sehingga tidak mudah tergores.

Selanjutnya sebelumnya

[nextpage title=”Kamera”]
Kamera

Coolpad Power memiliki fitur kamera 8MP pada bagian belakang, sementara pada bagian depan tersedia 2MP. Didalamnya tersedia beberapa mode, seperti, Night mode, HDR dan Pro. Dengan mode pro pengguna dapat mengunakan dengan pengaturan secara manual, mulai dari pengaturan ISO, Exposure, White balance, Saturation dan Contras.

kamera

Untuk kualitas foto yang dihasilkan terbilang standart, namun begitu pengguna masih mendapatkan hasil yang jelas dan focus, meski masih banyak titik noise pada pengambilan ruang gelap. Pengguna yang tidak hanya pada kamera belakang, kamera depan. Untuk fitur kamera depan Coolpad menyediakan fitur Beauty seperti yang tersedia di sebagain smartphone saat ini, sehingga adapat mengakomodasi pengguna yang suka selfie.

Selanjutnya sebelumnya

[nextpage title=”Kinerja”]
Kinerja

Dari sisi hardware, melihat spesifikasi yang dimiliki smartphone ini tidak begitu bagus. Supaya daya tahan baterai lebih awet, Coolpad nampaknya mencari aman dengan prosesor yang tidak memakan banyak energy, yakni chipset Mediatek MT7635 dengan inti prosesor Quad-core 1.0GHz 64-bit.

Dibantu dengan kapasitas RAM 1GB dan memori internal 16GB yang masih dapat ditambahkan melalui slot memori eksternal microSD hingga kapasitas 32GB. Namun sayangnya, untuk menambahkan memori eksternal, pengguna harus pasrah tidak dapat menggunakan dua SIM sekaligus, karena slot kedua merupakan slot hybrid dnegsn slot kartu memori MicroSD. Jadi harus bergantian dengan kartu SIM jika ingin digunakan.

Bechmark

Pada hasil pengujiannya Coolpad Power mampu mendapatkan skor 24 ribuan dengan menggunakan aplikasi AnTuTu benchmark. Dengan hasil ini maka Coolpad power masih terbilang biasa saja untuk digunakan bermain game maupun menonton video HD.

Selanjutnya sebelumnya

[nextpage title=”Konektivitas”]
Konektivitas

Terkendala soal TKDN membuat Coolpad tidak mampu memaksimalkan smartphone ini pada jaringan tercepat di Indonesia. Alhasil Coolpad Power hanya dapat terkoneksi pada jaringan 3G/HSDPA saja.  Untuk itu Coolpad harus mengunci jaringan 4G LTE yang sebenarnya sudah siap digunakan pada smartphone ini supaya dijual secara resmi.

Internet

 

sebelumnya
REVIEW OVERVIEW
Desain
7
Layar
6.5
Interface
7
Kamera
6.5
Kinerja
6.5
Baterai
7.5
Konektivitas
6.5
SHARE
Previous article2017, Transaksi Uang Elektronik Makin Populer
Next article‘Generasi Bisa’ Dorong Literasi Digital Masyarakat Indonesia

Product reviewer at Selular.ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here