Jakarta, Selular.ID – Tiga hari perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 merupakan saat paling ditunggu-tunggu oleh para pemburu diskon. Hal ini wajar mengingat ada ratusan pelaku e-commerce yang siap memasang tawaran menggiurkan dibanding hari-hari biasanya.
Promo dan diskon menarik masih akan menjadi pertimbangan utama bagi mayoritas konsumen di Indonesia ketika ingin melakukan aktivitas belanja di Harbolnas 2016. Sebesar 77,1 persen konsumen akan tergiur dengan potongan harga saat mengikuti perayaan Harbolnas mendatang. Hal ini tertuang dalam survei perilaku konsumen Indonesia yang dilakukan oleh platform cashback belanja online ShopBack.
Selain mencatat daya tarik konsumen terhadap promo dan diskon, studi ini juga melaporkan bahwa sebanyak 43,4 persen memilih voucher potongan, 37,5 persen tertarik karena harga spesial, 18,1 persen tergoda dengan promo pemasaran menarik, 0,3 persen termotivasi apabila ada undian menarik, serta 0,4 persen akan terpicu jika terdapat produk atau barang edisi terbatas.
“Promo is king, di dunia e-commerce,” kata Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia, saat mempresentasikan hasil temuan survei di Asiatale Resto, Jakarta, Selasa (6/12/2016).
Namun meskipun 86,7 persen konsumen menyatakan berminat untuk berbelanja di toko-toko online selama Harbolnas 2016, berlangsung, serta 98,8 persen konsumen juga melihat Harbolnas sebagai event belanja online yang dipersepsikan positif, ShopBack menyarankan agar para pelaku e-commerce Indonesia memperhatikan lebih serius faktor logistik yang berpotensi akan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan.
“Yang membuat orang tidak nyaman belanja online adalah masalah logistik seperti pengirimannya lama sebesar 59 persen. Masalah utama bukan lagi karena produk rusak yang tercatat hanya 10 persen,” kata pria yang menjabat sebagai ketua panitia Harbolnas tahun lalu tersebut.