Tuesday, October 20, 2020
Home News Ini Alasan kenapa Z-Alert Baru Tersedia di Jakarta

Ini Alasan kenapa Z-Alert Baru Tersedia di Jakarta

-

z-alereet

Jakarta, Selular.ID – Z-Alert yang baru diluncurkan Zurich, masih fokus untuk menanggulangi bencana seperti banjir, kecelakaan lalu lintas, kebakaran, serta pemadam arus listrik di wilayah Jakarta, dan belum mengembangkan aplikasi tersebut ke kota-kota lain di luar Jakarta.

Menurut Wirahadi Suryana, Corporate and Commercial Director Zurich Indonesia, dengan lebih dari 10 juta penduduk Jakarta, membuat warganya harus selalu siap menghadapi resiko bencana.

Wirahadi merujuk pada laporan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) 2015, tercatat ada 6231 kecelakaan di Jakarta. Artinya lebih dari 17 kecelakaan perharinya. Kemudian pada 2016, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada 700 kejadian banjir di Jakarta.

“Jakarta menempati peringkat ke 20 dalam kategori kota dengan resiko bencana tertinggi secara global, ini yang membuat kami fokus di Jakarta, kedepannya kami belum bisa bicara kota mana yang akan dituju setelah Jakarta,”tutur Wirahadi.

Wirahadi mengatakan, Z-Alert menyediakan informasi bencana termasuk jarak pengguna dari lokasi bencana, bahkan kedalaman air banjir. Tidak hanya itu aplikasi ini akan menginformasikan peringatan ketika ada kecelakaan lalu lintas, pemadaman listrik. Bahkan jika kendaraan rusak di perjalanan, pengguna bisa mencari bengkel terdekat lewat aplikasi Z-Alert.

Untuk saat ini Wirahadi menyebutkan kalau aplikasi Z-Alert hanya bisa diakses di smartphone Android, namun dia menegaskan kalau awal tahun 2017, pengguna smartphone berbasis iOS pun dapat mengunduh aplikasi ini.

“Sebenarnya sudah kami siapkan, namun memang masih butuh penyempurnaan, diharapkan awal 2017 sudah tersedia di Apps Store,”tutur Wirahadi

Latest