Tuesday, June 2, 2020
Home News Pemanfaatan TI Dorong Penyandang Disabilitas Lebih Produktif

Pemanfaatan TI Dorong Penyandang Disabilitas Lebih Produktif

-


Jakarta, Selular.ID – Perkembagan teknologi informasi (TI) khususny internet dan perangkat telekomunikasi lainnya memang telah mengubah berbagai sendi kehidupan. Perkembangan ini pun dapat memberikan dampak yang postif bagi sebagian besar masyarakat yang mampu memanfaatkannya termasuk penyandang disabilitas.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dikatakan Plt. Direktur Umum Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Jamhuri berusaha meningkatkan keterampilan penyandang disabilitas agar dapat memiliki peluang untuk menciptakan peluang lapangan kerja di sektor TIK.

“Sebagai leading-sector pembangunan bidang kominfo, yang mempunyai tugas untuk mengembangkan SDM di bidang Teknologi Informatika sejalan dengan kebijakan pembangunan nasional, yaitu perluasan penciptaan lapangan kerja serta peningkatan keterampilan tenaga kerja, kami sangat memperhatikan hal ini. Terlebih perhatian  untuk para penyandang disabilitas, untuk itulah kegiatan Jambore TI  ini diadakan,” papar Jamhuri dalam Pembukaan Jambore TI Penyandang Disabilitas di Makassar, Sulawesi Selatan Minggu (20/11/2016).

Menurut Jamhuri, kompetisi dalam Jambore TI Penyandang Disabilitas digelar agar pemuda yang memiliki kemampuan dan kompetensi bisa tersalurkan dan membantu dalam meningkatkan keterampilan berbasis teknologi informasi.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan literasi teknologi informasi bagi generasi muda penyandang disabilitas. Sesuai dengan pengembangan program yang memenuhi hak-hak penyandang disabilitas yang tercantum dalam undang-undang,” jelasnya.

Kedepan, para generasi muda penyandang cacat ini diharapkan bisa memanfaatkan peluang bisnis pemanfaatan TI untuk kebutuhan yang lebih banyak. Seperti membuat aplikasi, program dan lainnya agar bermanfaat bagi orang lain.

Sementara itu, Fadhilah Mathar, Koordinator Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Infomasi Komunikasi (TIK) Kementerian Kominfo,  berharap agar penyandang disabilitas diikutkan dan diberdayakan dalam pembagunan inklusif.

“Mereka ingin diberdayakan, karena produktifitasnya bisa dibangkitkan melalui TI, apalagi memerlukan mobilitas rendah. Dengan internet mereka bisa membuka toko online, membuat program dan aplikasi. Kita dorong bagiamana anak ini bisa berprestasi dan bisa masuk dunia kerja,” pungkasnya.

TERBARU

Triasmitra Menangkan Kasus Perusakan Kabel Fiber Optik Bawah Laut

Jakarta, Selular.ID – PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) berhasil memenangkan kasus pengrusakan sistem komunikasi khususnya...

Dorong Vendor Tingkatkan Produksi, India Melonggarkan Kebijakan Ponsel

Jakarta, Selular.ID - India membuat langkah besar menuju insentif dan memperluas produksi lokal dari...

Vivo Umumkan 3 Smartphone 5G

Jakarta, Selular.ID - Vivo mengumumkan seri X50, keluarga smartphone flagship terbaru, yakni X50, X50...

Latest