Beranda Apps Booming Musik Digital, Joox Eksis Di Empat Negara

Booming Musik Digital, Joox Eksis Di Empat Negara

-

wp-image-1357331693jpg.jpgJakarta, Selular.ID – Joox masih terbilang newbie di industri musik streaming. Baru berumur setahun, namun layanan musik besutan Tencent ini terpilih menjadi layanan musik streaming favorit di empat negara Asia, termasuk Indonesia. Tiga lainnya adalah Malaysia, Thailand, dan Hongkong.

Hal ini disampaikan dalam studi yang dilakukan oleh McKinsey mengenai bagaimana digitalisasi membawa pengaruh positif dalam perkembangan ekonomi Asia, termasuk dalam industri musik. Studi ini juga memaparkan bahwa pendapatan musik digital di Asia tumbuh lebih cepat dari industri musik dalam skala global. Industri musik digital di Asia tumbuh sebanyak 8,8 persen per tahun dengan prediksi kenaikan sebanyak 15 persen pada tahun 2020.

Peningkatan angka pengguna smartphone serta pengembangan infrastruktur berbasis internet turut mendukung perkembangan industri musik digital, khususnya layanan musik streaming. Pada awal tahun 2011, pendapatan dari unduh lagu 72 persen lebih tinggi bila dibandingkan pendapatan musik digital. Namun di tahun 2015, rasio ini berubah menjadi 43 persen untuk musik digital berbanding 45 persen pendapatan unduh lagu.

Benny Ho, Senior Director Tencent, mengungkapkan berubahnya pola konsumsi musik merupakan sebuah potensi besar yang masih akan terus berkembang dalam dunia digital.

“Tidak dapat dipungkiri perubahan model bisnis dalam industri musik turut mempengaruhi strategi pemasaran perusahaan lainnya yang mulai melirik platform digital sebagai medium yang dapat membantu para pemasar untuk menyentuh segmentasi pasar yang lebih tepat sasaran,” tuturnya.

Joox memberikan kanal distribusi baru bagi label musik dan juga membantu mengakselerasi perkembangan industri musik lebih sehat dengan cara menjaga hak cipta kreatif.

Selain itu, aplikasi musik gratis ini juga menyediakan konten musik legal yang telah terakurasi dengan memperhatikan tren musik lokal serta konten musik yang up to date sesuai dengan apa yang diminati konsumen pada saat itu. Dengan demikian, Joox bisa mendapatkan data dan kebiasaan pengguna secara akurat.

Dari data yang diperoleh McKinsey, sekitar 50 persen pendapatan musik streaming di tahun 2015 berasal dari pasar usia di bawah 35 tahun. “Kami berharap Joox dapat membuka kesempatan bagi perusahaan untuk menjangkau pasar anak muda melalui ketertarikan mereka dalam musik,” ungkapnya.

Artikel Terbaru