Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Baterai Superkapasitor Membuat Smartphone Bertahan Seminggu

BACA JUGA

supercapacitor
Jakarta, Selular.ID – Para ilmuwan di Universitas Central Florida (UCF) mengembangkan prototipe baterai superkapasitor yang bisa bertahan 20 kali lebih lama dari sel baterai lithium-ion konvensional. Lebih keren lagi, baterai juga bisa di-charge dalam hitungan detik.

Dilansir Selular.ID dari Engadget (22/11/2016), Nitin Choudhary, salah satu tim ilmuwan UCF, mengatakan, “Jika mereka (produsen ponsel) mengganti baterai dengan superkapasitor ini, Anda bisa mengisi ponsel dalam waktu beberapa detik dan tidak perlu mengisi daya lagi selama lebih dari seminggu.”

Konsep baterai superkapasitor memang terdengar sangat menjanjikan. Terlebih, dikatakan bahwa baterai tidak akan mengalami penurunan kualitas. Setelah sekitar 18 bulan, sel baterai lithium-ion umumnya mengalami degradasi di mana setiap siklus pengisian memperkecil jumlah fraksional dari kapasitas keseluruhan. Sementara pada prototipe UCF baterai tidak mengalami degradasi dan masih bekerja seperti unit baru setelah diisi ulang 30.000 kali.

Nitin mengatakan bahwa baterai superkapasitor akan bisa di-charge lebih singkat berkat caranya menyimpan energi, yang statis, pada permukaan material. Sel baterai, di sisi lain, bergantung pada reaksi kimia untuk menyimpan dan melepaskan energi. Menggunakan graphene, peneliti menciptakan area permukaan besar untuk menampung lebih banyak elektron dan memperpanjang rentang hidup baterai.

Konsep masih terlalu dini, tapi penelitian ini sangat menjanjikan.

Jika berhasil, penelitian superkapasitor ini bisa menampung nyawa perangkat mobile lebih lama, dengan baterai yang bertahan sampai seminggu lebih. Juga akan berpengaruh ke perluasan penetrasi kendaraan listrik, dan kapasitas penyimpanan yang lebih baik untuk daya yang berasal dari sumber-sumber energi alternatif.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU