Wednesday, September 18, 2019
Home Apps Aplikasi Adopsi Mudahkan Masyarakat Untuk Memelihara Kucing dan Anjing

Aplikasi Adopsi Mudahkan Masyarakat Untuk Memelihara Kucing dan Anjing

-

Jakarta, Selular.ID – Bagi penyuka binatang seperti anjing kucing, dan  ingin mengadopsinya, saat ini ada aplikasi yang memfasilitasi untuk itu.Aplikasi adopsi menghubungkan pihak yang sering melakukan penyelamatan hewan dengan masyarakat yang ingin mengadopsi hewan peliharaan.

Aplikasi ini dibuat oleh Oninyon Software Solution yang bermarkas di Yogyakarta, Bobby Fernando Project Manager Adopsi and Oninyon Software Solution menjelaskan, Aplikasi yang baru  berjalan dua bulan, saat ini sudah ada 500 anggota dengan 70-an hewan peliharaan yang siap diadopsi.

“Platform ini dihadirkan salah satunya untuk menggalang kesadaran tentang adopsi hewan peliharaan. Apalagi kasus pembuangan hewan, penelantaran dan kekerasan pada hewan masih sering dijumpai. Sementara shelter hewan yang belakangan ini banyak dibangun bukanlah solusi permanen untuk memecahkan permasalahan tersebut,” ujar Bobby dalam situs resminya

Dikatakan Bobby proses adopsi pun melalui screeningyang ketat, seperti identitas adopter, kemampuan adopter untuk memelihara satwa, juga melakukan house visit atau mengunjungi kediaman adopter untuk mengecek lingkungan di sana. Adopterakan menandatangani surat adopsi bermeterai yang bisa menjadi data hukum apabila adopter melakukan pelanggaran. Proses tersebut untuk memastikan adopter benar-benar serius mengadopsi satwa.

“Platform ini ingin menghubungkan pihak yang sering melakukan penyelamatan hewan dengan masyarakat yang ingin mengadopsi hewan peliharaan,” tutur Bobby.

Untuk menggunakan aplikasi ini, penggunanya cukup mengunduh foto-foto hewan yang siap diadopsi. Bila ada yang tertarik menjadi adopter, nantinya mereka akan mendapatkan notifikasi pengajuan. Untuk memastikan hewan yang diadopsi bakal mendapatkan tempat yang layak, mereka juga bisa melakukan home visit ke rumah calon adopter.

Sementara itu bagi pengguna yang ingin menjadi adopter, mereka tinggal memilih kumpulan foto-foto hewan yang dapat diadopsi di berbagai lokasi. Kalau tertarik, tinggal mengisi formulir adopsinya lewat aplikasi Adopsi. Setelah itu tinggal menunggu respon dari uploader untuk mengetahui hasil pengajuan adopsi tersebut.

“Kita melarang adanya transaksi jual beli hewan peliharaan. Proses adopsinya dilakukan tanpa ada biaya apapun,” imbuhnya.

Aplikasi Adopsi saat ini baru tersedia untuk perangkat Android. Bobby mengatakan, kedepannnya aplikasi ini juga akan tersedia di perangkat iOS. Beberapa fitur baru juga akan segera dihadirkan, salah satunya fitur untuk berdonasi.

Latest