Sunday, October 20, 2019
Home Tips Tips Cegah Malware Menyelinap ke Smartphone

Tips Cegah Malware Menyelinap ke Smartphone

-

Pengguna Smartphone
Jakarta, Selular.ID – Kemampuan smartphone saat ini sudah mengimbangi komputer. Maka tidak heran bila penjahat siber juga mengancam para pengguna smartphone. Ditemui Selular.ID di Jakarta, Derek Manky, Global Security Strategist, FortiGuard Labs, dari Fortinet, memberikan tips bagi pengguna smartphone agar terhindar dari segala ancaman siber.

FortiGuard bukan hanya meng-cover komputer, kata Derek, tapi menjaga seluruh ekosistemn alur internet dari hulu ke hilir, dimana smartphone termasuk device yang paling banyak memiliki akses.

Untuk itu, sangat penting bagi pengguna untuk menjaga keamanan software smartphone mereka agar tetap bisa menggunakannya dengan nyaman.

Smartphone identik dengan aplikasi. Hampir segala hal yang kita lakukan di layar smartphone, melalui aplikasi.

Sayangnya, aplikasi menjadi pintu favorit bagi penjahat siber untuk melancarkan serangannya ke pengguna smartphone. Untuk itu, pengguna harus berhati-hati saat mengunduh dan menginstal sebuah aplikasi baru.

Berikut tips singkat FortiGuard untuk menjaga smartphone terhindar dari hacker:

1. Selalu waspada dengan aplikasi pihak ketiga. Periksa siapa pengembang dan penerbit aplikasi. Cek rating dan komentar di bawahnya. Jika Anda tidak familiar, telusuri nama mereka di internet. Internet mencantumkan semua, jadi pasti ada jejaknya. Apakah mereka betul sebuah developer aplikasi atau hanya nama abal-abal.

2. Setelah mengunduh aplikasi, jangan langsung meng-OK-kan semua akses saat instalasi. Baca secara teliti apa yang mereka minta, seperti misalnya untuk menyalakan GPS smartphone. Jika Anda merasa aplikasi tersebut tidak memerlukan lokasi, untuk apa mengaktifkan GPS.

3. Jika ada yang mencurigakan, selalu cari tahu di Google Search. Kalau perlu ikut forum-forum. Di sanalah tempatnya informasi berkumpul. Mereka akan memberi tahu jika aplikasi A tidak berfungsi, aplikasi B konsumsi banyak energi, dan lain-lain. Fortinet juga punya blog forum.

4. Terakhir, intal aplikasi FortiGuard di smartphone Android dan iOS. Gratis. Meskipun tidak 100% menjaga smartphone Anda, tapi setidaknya aplikasi FortiGuard Mobile akan memberi notifikasi jika ada sesuatu yang mencurigakan di dalam sistem smartphone. (edk)

Latest