Monday, June 17, 2019
Home News Tcash dan BTPN Uji Coba Penyaluran Non Tunai Bantuan Sosial Pemerintah

Tcash dan BTPN Uji Coba Penyaluran Non Tunai Bantuan Sosial Pemerintah

-

IMG-20161005-WA0006Jakarta,Selular.ID – Telkomsel bekerjasama dengan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) bersama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan Tcash Ekstra dan BTPN Wow.

Rudy Hamdani Vice President MFS Operations Telkomsel menjelaskan, bahwa uji coba kali ini merupakan uji coba tahap kedua yang terbagi menjadi 2. Tahap pertama pada awal September, dan kedua pada 5 Oktober 2016.

“Ini merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah tahun 2017 kepada 15 juta penerima manfaat. Sosialisasi layanan dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan pihak kelurahan dan agen agar masyarakat dapat betul-betul merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan,”ujar Rudi di Keranggan Jawa -Barat (05/10/16)

Rudi menuturkan, bahwa penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan Tcash Ekstra dan BTPN Wow tahap pertama mendapat respon yang baik. Sebanyak 98% penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama, mereka menyebutkan mekanisme yang ditawarkan Tcash Ekstra dan BTPN Wow lebih mudah, cepat, dan bisa dicairkan kapan saja di agen terdekat.

Sebanyak 34 agen BTPN Wow yang juga merupakan merchant Tcash telah ditunjuk untuk dapat melayani pencairan dana ke lebih dari 1.500 penerima manfaat uji coba.

“Dana bantuan untuk masing-masing kepala Rp220 rupiah. Jumlah itu terbagi menjadi dua. Dimana Rp110 dapat dibelanjakan bahan pokok seperti beras, telur dan susu, dan sisanya bisa tarik tunai,” Jelas Rudi

Ditambahkan Rudy transaksi Tcash juga aman, karena menggunakan pin enam digit untuk memproteksi transaksi mereka. Penerima manfaat juga dapat secara langsung mengetahui informasi terkait bantuan sosial dari ponselnya seperti notifikasi distribusi bantuan sosial, jumlah dana bantuan, dan histori transaksi

Layanan penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan Tcash Ekstra dan BTPN Wow meningkatkan efektifitas distribusi dana bantuan menjadi lebih tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat administrasi, mengurangi risiko kebocoran, dan dapat dilakukan kapan saja secara non-tunai. Proses pengambilan berupa uang atau barang dapat dilakukan dengan mudah di warung merchant Tcash maupun agen BTPN Wow! yang tersebar luas di lingkungan penerima dana bantuan.

“Melalui layanan mobile payment yang berbasis teknologi informasi, Telkomsel lebih jauh dapat membantu pemerintah mendapatkan profil penyaluran bantuan sosial sehingga pemerintah dapat memastikan keakuratan distribusi yang dilakukan,” tutur Rudy.

Uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah merupakan bentuk dukungan Telkomsel dan BTPN kepada pemerintah dalam percepatan keuangan inklusif (financial inclusion) dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui teknologi informasi. Uji coba dilakukan di Kelurahan Karanggan dan Kelurahan Telanjung Udik, Bogor (Jawa Barat), Kelurahan Kp. Baru dan Kelurahan Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp. Rambutan dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur), serta Kelurahan Matsum II dan Kelurahan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara).

Latest