Thursday, November 21, 2019
Home News E-Commerce Samsung dan BlackBerry Dominasi Penjualan Smartphone Bekas di OLX

Samsung dan BlackBerry Dominasi Penjualan Smartphone Bekas di OLX

-

daniel-tumiwa
Jakarta, Selular.ID – Bukan hanya penjualan smartphone baru, Samsung juga mendominasi penjualan smartphone bekas di Indonesia. Hal itu terbukti dari banyaknya perangkat besutan vendor Korea itu yang dipajang di etalase kios offline maupun online.

Seperti keterangan yang diterima redaksi Selular.ID dari data internal platform iklan baris online OLX, yang mencatat bahwa jumlah iklan smartphone bekas merek Samsung sangat besar dibandingkan merek lain.

Dalam kurun waktu Agustus 2016 saja, smartphone bekas dengan merek Samsung mencapai lebih dari 200 ribu iklan di OLX.co.id.

Sementara pada 30 hari selanjutnya, OLX mencatat lebih dari 190 ribu iklan Samsung bekas.

Selain Samsung, smartphone bekas besutan Apple, BlackBerry, dan Xiaomi, juga tercatat cukup banyak.

Smartphone besutan vendor Amerika Apple menduduki posisi kedua daftar gadget bekas OLX dengan jumlah iklan lebih dari 100 ribu pada Agustus, dan lebih dari 90 ribu pada September.

Sementara smartphone bekas merek Xiaomi mencapai 75 ribu iklan dan BlackBerry 55 ribu iklan, selama Agustus, menurun ke angka 70 ribu dan 45 ribu pada September.

Bersama data tersebut, OLX menyampaikan bahwa sebagai platform jual-beli barang second, data OLX merupakan refleksi organik dari pergerakan ekonomi pasar.

Umumnya, market share/brand share di pasar second hand akan mengikuti market share/brand share penjualan produk baru.

Data OLX menunjukkan adanya penurunan jumlah gadget second yang dijual, di berbagai merek. Ada beberapa hal yang menyebabkan penurunan ini, mulai dari daya beli pasar hingga banyaknya produk gadget baru yang diluncurkan.

Namun, jika dibandingkan dengan data OLX pada kurun waktu Juni – Juli 2016, sebetulnya merek-merek teratas tetap sama.

“Hal ini memberikan indikasi bahwa perputaran gadget second untuk merek-merek di atas dan peminatnya masih sangat tinggi dibandingkan dengan merek lain,” ujar Edward Kilian, Chief Marketing Officer, OLX Indonesia, kepada Selular.ID (27/10/2016).

Meski menurun, data OLX di atas menunjukkan bahwa penjualan smartphone bekas cukup marak di Indonesia. Banyak peminat dan banyak juga penjualnya. Menurut survei yang dilakukan OLX pada pertengahan tahun 2016, mayoritas responden ternyata mengumpulkan berbagai macam jenis barang untuk dijadikan modal dalam mencapai keinginan atau mimpinya.

Kasus yang paling banyak terjadi adalah ketika seseorang ingin upgrade smartphone, mereka kerap menjual smartphone lamanya.

Bukan hanya itu, mereka juga akan mengumpulkan barang-barang lain yang sudah tidak terpakai, seperti pakaian, sepatu, jam tangan hingga alat elektronik lainnya untuk menjadi modal tambahan, untuk membeli smartphone baru yang diinginkan.

Latest