Thursday, August 6, 2020
       
Home News Peran Penting Social Media Untuk Jualan Online

Peran Penting Social Media Untuk Jualan Online

-

Jakarta, Selular.ID – Indonesia adalah salah satu negara berkembang dengan pengguna situs jejaring sosial terbanyak di dunia, misalnya saja Facebook, Twitter, Path, YouTube, hingga aplikasi messenger seperti WhatsApp dan BBM (Blackberry Messenger) juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu maka tidak perlu heran lagi jika pada akhirnya situs sosial media menjadi salah satu lahan bisnis yang sangat menjanjikan bagi setiap pemilik bisnis.

Sosial media merupakan sebuah tool marketing yang bisa dikatakan cukup efektif untuk membantu strategi pemasaran bagi bisnis.

Muhamad Iqbal Anthoni, Redaksi Selular, mengatakan bahwa media sosial sudah hal lumrah dijadikan alat untuk mencari uang, mengingat pertumbuhan pengguna sosial media di Indonesia. Dari 88,1 juta pengguna internet aktif di Tanah Air, sebanyak 79 juta merupakan pengguna social media aktif.

“Pertumbuhan social media berjalan beriringan dengan penetrasi pengguna internet. Dari tahun 2015 sampai 2016 pengguna sosial media di Indonesia naik sebesar 10 persen,” ujar Iqbal, sapaan akrabnya, saat mengisi presentasi Ngobral di Universitas Muhammadiyah Jakarta, hari ini (25/10/2016).

Iqbal memaparkan data tentang pengguna sosial media di Indonesia di tahun 2016, yang masih setia memakai BlackBerry Messenger (BBM) sebagai sosial media nomor satu. Menurutnya, meski BBM masuk dalam platfom chatting, namun seiring waktu juga digunakan untuk berjualan online.

“Platform chatting seperti BBM dan Whatsapp bukan hanya untuk ngobrol tapi lama-kelamaan dijadikan juga untuk jualan. Sehingga masuk zona sosial media,” kata Iqbal.

Di belakang BBM, jejaring sosial Facebook menempati posisi kedua sebagai media sosial paling besar dan populer. Perkembangan Facebook, Iqbal menambahkan, dinilai terus berubah dan tidak stabil.

Instagram juga menjadi arena jualan favorit di media sosial. Bukan hanya berisikan informasi produk saja, di jejaring sosial berbagi foto ini, kita juga bisa melihat tampilan produk secara nyata.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest