Thursday, August 6, 2020
       
Home News OLX Bagi Tips Aman Transaksi COD

OLX Bagi Tips Aman Transaksi COD

-

olx

Jakarta, Selular.ID – Belanja via internet memang mudah dan praktis. Pilih barang yang diminati di layar smartphone atau desktop, selesaikan proses transaksi, dan tinggal tunggu barang dikirim sesuai alamat yang diberikan.

Meski mekanisme metode pembelian di atas sudah menjadi tren, namun masih banyak orang yang memilih memakai Cash On Delivery (COD) sebagai cara transaksi untuk menghindari penipuan, di samping melihat produk secara lebih dekat sebelum memutuskan untuk membelinya. Chrismartin Hanandito Satrio, Marketing Manager OLX, berbagi tips saat membeli barang menggunakan metode pembayaran COD.

Pertama, beli barang dari seller yang berada di sekitar kita sehingga memudahkan untuk diajak ketemuan. Bila sepakat bertemu, pilih lokasi yang ramai seperti mall, restauran, atau perkantoran. Untuk pemilihan waktu, lebih baik di siang hari.

“Kalau COD di malam hari dan di tempat sepi, biasanya rawan (kejahatan),” kata Chris.

Namun bila kondisi tidak memungkinkan untuk COD, misalnya lokasi antara buyer dan seller berjauhan, Chris memberi saran untuk membaca riwayat berjualan dan social media si penjual. “Cek berapa lama Dia aktif dan berapa banyak yang follow. Biasanya penjual tidak akan merelakan media sosial yang Ia bangun hanya untuk menipu berapa ratus ribu, misalnya,” jelas pria kelahiran tahun 1981 tersebut.

Situs iklan baris seperti OLX masuk dalam kategori marketplace karena mempertemukan banyak penjual dan pembeli. OLX sendiri, Chris melanjutkan, tak menampik kerap menerima keluhan dan ‘curhatan’ dari pembeli yang merasa tertipu oleh penjual. “Bulan ini saja, sudah ada laporan 60 kasus penipuan tertipu down payment,” ujarnya, di acara Ngobral di Univesitas Muhammadiyah Jakarta.

Dalam hal merespon keluhan tersebut, OLX sudah menyiapkan tim legal dan hukum yang bakal membantu melaporkan ke pihak berwajib. Setelah itu, mereka juga akan mendampingi korban penipuan dengan tindakan preventif yakni memberikan komunikasi yang baik.

“Memang Kami tidak membantu untuk penggantian biaya tapi lebih ke proses melaporkan ke pihak kepolisian,” tutupnya.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest