Aksesoris News

Astellindo Suguhkan Produk Aksesoris yang Berkualitas dan Inovatif

Toni, Direktur PT Astellindo Megah Perkasa
Jakarta, Selular.ID – Mengawali usaha dari toko kecil-kecilan, PD Cosco International Merchandising (Astellindo), pemilik brand Astell, Li-Max, dan UFO kini menjadi pemain yang cukup sukses, khususnya di industri aksesoris ponsel. Sudah mulai melakoni bisnis aksesoris sejak tahun 2002, Astellindo sempat juga menjajal peruntungan sebagai importir. Jeli melihat prospek bisnis aksesoris yang tergolong cerah, Astellindo pun fokus menggarap pasar di Indonesia.

Dalam menggeluti bisnis aksesoris, Astellindo menyatakan bahwa pihaknya akan terus mengutamakan kualitas, selain mengikuti tren yang berkembang di sisi lainnya. “Kita utamakan kualitas produk paling penting, kedua kita ikuti perkembangan zamannya dengan mengembangkan produk-produk yang berteknologi,” kata Toni, Direktur PT Astellindo Megah Perkasa ketika ditemui redaksi Selular belum lama ini.

Seiring dengan pengguna ponsel yang terus meningkat, membuat peluang bisnis aksesoris juga terbuka lebar. Berbanding lurus dengan itu, pemain di pasar aksesoris ikut diramaikan oleh banyak pemain. Ujungnya persaingan di bisnis ini pun menjadi kian sengit. Tak ayal untuk tetap dapat bertahan di bisnis ini, para produsen pun harus menyiapkan jurus yang jitu.

“Memang persaingan (di bisnis aksesoris-red) berat, tapi kita sih tidak bermain di kelas bawah. Kalau bermain di kelas bawah kan memang berat, jadi kita main di kelas atas. Kualitas kita pertahankan, namun harga tetap terjangkau,” beber Toni.

Walaupun Astellindo mengakui bahwa pihaknya lebih menyasar segmen kelas atas, namun jika bicara soal harga, perusahaan ini mengklaim bahwa kisaran harga produknya masih di bawah pihak kompetitor. Hal itu mengingat, selain kualitas, Astellindo juga menawarkan teknologi yang di beberapa varian produknya. “Dibandingkan sama sebagian produk (kompetitor-red) kita jauh lebih murah. Sebagian produk yang ngga punya teknologi harganya lebih mahal dibanding produk kita yang berteknologi,” tukasnya.

Baca juga :  Snapdragon 870 Siap Tenagai Realme GT Neo2

Masih bicara soal segmen penggunanya, produk Astellindo secara tegas disebut membidik kalangan muda-mudi, seperti pelajar SMA dan mahasiswa terutama untuk produk aksesoris yang sudah dilengkapi dengan aplikasi. Pun demikian, lewat lini produk lainnya, Astellindo juga tidak ingin mengesampingkan target segmen lainnya, semisal anak-anak dan dewasa.

“Jadi, di sebagian produk lagi kita juga ada produk untuk segmen anak kecil dan segmen orang tua. Tetapi kita lebih cenderung mengutamakan target segmen remaja,” kata Toni.
Mengenai teknologi yang ditawarkan Astellindo di produknya, hal ini bisa dilihat dari produk flip-case Li-Max yang mana sudah dilengkapi dengan software canggih. Berbekal software yang terinstal di smartphone, pengguna flip-case Li-Max dimungkinkan untuk memilih dua tampilan display waktu, tanggal, dan cuaca; bisa memilih warna pada lingkaran jam (Ambilight); mengangkat/menjawab panggilan; menghidupkan senter/flash kamera; memutar music; dan menjepret kamera secara langsung dari lingkaran yang terdapat pada bagian depan flip-case.

Siap Buka Outlet di Mal-Mal
Selain dari sisi kualitas produk, hal yang juga tergolong penting dalam menjalankan bisnis adalah pemasaran produk. Tidak hanya fokus pada satu wilayah pasar saja, ekspansi juga merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan bagi pelaku usaha. Termasuk dalam hal ini pelaku usaha di segmen aksesoris ponsel. Sadar akan hal tersebut, Astellindo juga melakukan ekspansi dalam hal pemasaran produknya. Dengan percaya diri, Toni mengatakan bahwa produk Astellindo sudah tersedia di sebagian besar wilayah Indonesia.

Baca juga :  Tiga Trending Topic Twitter Hari Ini: 17 Tahun Kepergian Munir Nyaris Duduki Posisi Teratas

“Kalau kita untuk pemasaran sudah seluruh Indonesia, dari provinsi sampai kabupaten,” ungkap Toni.

Masih soal pemasaran produk, untuk memudahkan konsumennya, terutama bagi para agen yang ingin membeli produknya dalam partai besar, Astellindo memiliki gerai sendiri di pusat penjualan ponsel ITC Roxy Mas. Lewat gerai yang berada di Roxy inilah biasanya banyak para konsumen dari daerah-daerah yang membeli langsung. Walau sering mendapat pesanan dalam partai besar, di gerainya Astellindo juga melayani pembelian dalam partai kecil untuk konsumen akhir.

Untuk saat ini, Astellindo mengakui bahwa pihaknya baru memiliki outlet fisik di ITC Roxy Mas. Pun begitu, perusahaan ini memiliki rencana untuk membuka toko di tempat lainnya.

“Ke depannya kita akan lebih konsentrasi di ritel (outlet) langsung. Jadi, rencana ke depan itu setiap mal yang ramai kita rencana ingin punya outlet,” pungkas Toni.

About the author

selular

Leave a Comment