Thursday, April 25, 2019
Home News Aplikasi Kargoku Optimalkan Truk Logistik

Aplikasi Kargoku Optimalkan Truk Logistik

-

cgJ1ORzKUbJakarta, Selular.ID – Tpedia Nusantara resmi meluncurkan aplikasi Kargoku baru-baru ini.  Aplikasi ini bertujuan menghadirkan kemudahan bagi pemilik barang atau kargo dan pemilik jasa logistik untuk dapat saling bertemu satu sama lain.

Hal itu diungkapkan Martin Nababan CEO & Founder Kargoku dalam keterangan resminya, dijelaskan Martin
pemilihan bidang logistik, menurutnya sebagai salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan bisnis atau perusahaan. Menurut data logistik di Indonesia masih tertinggal dari sejumlah negara tetangga, menduduki peringkat 63. Dengan melihat itu serta kondisi penggunaan internet yang semakin tinggi di Indonesia, Kargoku hadir.

“Kemacetan menjadi masalah utama di bidang efisiensi biaya logistik. Dari truk logistik yang aktif mengantar barang, 40% truk kembali ke kota asal dalam keadaan kosong. Hal ini yang juga memperbesar biaya logistik tersebut,” ujar Martin

Melalui aplikasi dan layanan di situs, Martin menuturkan Kargoku menawarkan kemudahan bagi pemilik kargo dalam menemukan kendaraan truk yang sesuai dengan kebutuhan dan harga yang diinginkan. Penawaran ini juga diklaim akan bermanfaat bagi pemilik kendaraan truk logistik.

Dalam dunia logistik, dikatakan Martin logistik darat, hal yang paling sering dijumpai adalah sulitnya mendapatkan muatan saat kembali dari kota tujuan ke asal kota. Padahal, bila ada muatan, perusaahaan penyedia truk bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar dan juga utilisasi truk.

Menggunakan sistem lelang terbuka dalam prosesnya, Kargoku memungkinkan pemilik kargo dan pemilik truk mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pemilik kargo dapat memperoleh harga jasa pengiriman yang lebih murah, serta kemudahan dalam hal pembayaran.

Sementara itu, pemilik truk dapat mengurangi jumlah kendaraan yang menganggur, sebab aplikasi ini memungkinkan truk mendapatkan muatan saat kembali dari kota tujuan pengantaran ke kota asal. Dengan demikian pemilik truk juga akan mendapatkan pendapatan tambahan.

“Di Indonesia ada lebih dari tiga juta truk, namun sebagian besarnya hanya terparkir saja tanpa memberikan nilai ekonomi. Melalui platform Kargoku, utilisasi truk bisa lebih ditingkatkan karena platform ini akan menghubungkan perusahaan truk dengan lebih banyak pemilik barang,” ujar Martin.

Saat ini Kargoku sedang dalam tahap menjajaki kerja sama dengan perusahaan penyedia truk. Hingga akhir 2016 ini, Kargoku menargetkan sedikitnya ada 10 transaksi pengiriman barang yang difasilitasi. Berbagai jenis barang yang bisa dikirim di antaranya kendaraan, peralatan rumah tangga, pindahan rumah dan kantor, alat berat, komoditi, tekstil dan garmen, dan lainnya.

Attachments area

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest