Jakarta, Selular.ID – Advan merupakan satu-satunya vendor lokal yang berhasil meraih posisi lima besar.
Di tengah gempuran brand global, seperti Samsung, Oppo, Asus, dan Lenovo, brand lokal Advan berhasil meraih posisi keempat.Hal ini mengacu dari data yang dikeluarkan IDC untuk pasar smartphone di Indonesia pada periode Q2 2016. Adapun untuk quartal yang sedang berjalan, melalui Marketing Director-nya, Tjandra Lianto, pencapaian Advan disebut masih on the track.
Di tahun 2016, Advan mengakui bahwa penjualannya masih didominasi oleh perangkat berteknologi 3G. Nah ke depan, tahun 2017 Advan akan lebih banyak mengeluarkan smartphone 4G.
“Tahun 2017, kita akan memperbanyak ponsel 4G, dari awalnya 40 persen pangsa pasar, akan naik menjadi 60 persen,” kata Tjandra Lianto, ketika ditemui Redaksi.
Meski tergolong masih cukup moncer, secara umum, di tahun 2016 ini, Tjandra mengatakan bahwa pihaknya tidak menaikkan targetnya dari tahun sebelumnya.
“Kita hanya coba mengimbangi pasar. Karena kita tidak ngoyo harus naik target dan sebagainya. Yang kita lakukan adalah kita bertahan dengan pasar yang ada, karena kan fluktuatif sekali, gempuran brand juga banyak dan juga ada banyak perubahan-perubahan yang kadang-kadang kita tidak prepare (sebelumnya),” tandas Tjandra.
Adapun terkait dengan tertundanya peluncuran smartphone baru Advan G1, yang rencananya dilakukan pada 28 Oktober lalu, Tjandra berjanji bahwa pihaknya tetap akan mengeluarkan smartphone itu dalam waktu yang tak lama lagi. Menurut bocoran yang diungkap Tjandra, Advan akan mengeluarkan G1 pada tanggal 10 November (hari Pahlawan) nanti.