XL Klaim Jadi Operator 4.5G Pertama di Indonesia

rahmadiJakarta, Selular.ID – Terus berinovasi, XL mengklaim bahwa pihaknya telah menggelar teknologi 4.5G dan merupakan yang pertama di Indonesia. Demikian seperti dikatakan Rahmadi Mulyohartono, selaku Vice President LTE XL Axiata, pada Rabu (31/08).

Menurut penuturan Rahmadi, 4.5G merupakan teknologi yang akan dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, untuk dapat digelar pada Asian Games 2018 nanti.

“Yang kemarin kita sudah diskusikan juga dengan Bapak Rudiantara di ICT Carnival, bahwa beliau mencanangkan bahwa kita akan mempunyai 4.5G di 2018. Sedangkan XL, sekarang sudah memulainya,” ungkap Rahmadi.

xl-45Dalam penerapan 4.5G, XL menggunakan teknologi ‘4T4R’ atau massive MIMO. Berbekal teknologi ini kecepatan akses data dan kulaitas layanan disebut akan mengalami peningkatan, oleh karena merupakan kombinasi multi-signal berupa 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Artinya, teknologi ini akan berkemampuan memancarkan data dengan kombinasi 4 sinyal, sekaligus menerima data dari kombinasi 4 sinyal. Teknologi 4T4R sendiri merupakan pengembangan dari versi sebelumnya, yaitu ‘2T2R’.

Saat ini, lanjut Rahmadi, XL sudah menggelar teknologi 4.5 G di sejumlah kota di Indonesia, dan terus akan diterapkan di kota-kota lainnya di saat yang akan datang.

“Jadi, kita sudah menggelar network ini di Jabotabek, Bandung, Surabaya dan Denpasar, dan tentu akan menyusul kota-kota lainnya, tentunya dengan program development dari LTE kita,” beber Rahmadi.

Meski pihaknya telah menerapkan 4.5 G dengan teknologi ‘4T4R’, Rahmadi mengakui bahwa saat ini masih sedikit handset yang mendukung teknologi tersebut. Dia pun mengatakan bahwa tahun depan (2017) bakal banyak handset yang datang membawa dukungan teknologi yang sudah digelarnya tersebut.