Wednesday, June 19, 2019
Home News Enterprise Salip Uber, nuTonomy Mulai Uji Coba Taksi Otonom

Salip Uber, nuTonomy Mulai Uji Coba Taksi Otonom

-

Nutonomy
Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu, Uber mengumumkan bahwa mereka akan melakukan uji coba taksi otonom (self-driving). Namun ternyata rencana mereka didahului oleh startup teknologi kendaraan otonom asal Singapura bernama nuTonomy, yang baru saja memulai uji coba publik di negara asalnya.

Dalam percobaan ini, nuTonomy mengundang penduduk terpilih negeri jiran itu untuk mencoba layanan dengan cara booking free ride melalui aplikasi mobile. Penumpang akan diantar ke tempat tujuan mereka menggunakan mobil elektrik Renault Zoe atau Mitsubishi i-MiEV yang sudah dimodifikasi dengan komponen custom untuk bisa berkendara secara otonom.

Karena masih uji coba, perjalanan publik ini akan menyertakan seorang teknisi dari perusahaan yang akan duduk di bangku taksi otonom guna mengobservasi kinerja kendaraan sesungguhnya dan mengambil alih setir jika terjadi keadaan darurat.

NuTonomy akan mengumpulkan data selama program test publik guna menyempurnakan software dan layanan untuk persiapan komersil di seluruh kota di Singapura pada 2018.

Selain Uber, perusahaan raksasa lain yang mengumumkan tengah mengembangkan kendaraan otonom adalah Google dan Tesla. Kemudian ada supplier komponen automotif ternama, Delphi dan Mobileye, yang mengumumkan bahwa mereka tengah merancang sistem self-drive aftermarket yang nantinya akan digunakan para produsen mobil untuk diintegrasikan ke dalam mesin kendaraan besutannya.

Latest