Saturday, May 25, 2019
Home News Mahasiswa Gunadarma Ukir Pretasi di Ajang Rancang Satelit Internasional

Mahasiswa Gunadarma Ukir Pretasi di Ajang Rancang Satelit Internasional

-

IMG-20160927-WA0000Jakarta, Selular.ID – Sudah berulang kali pelajar dari Tanah Air, mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Terbaru adalah prestasi membanggakan yang diraih oleh para mahasiswa Universitas Gunadarma, dalam ajang CanSat International Competition 2016.

Tergabung dalam tim Garuda, mahasiswa Universitas Gunadarma, berhasil menjadi salah satu jawara di ajang tingkat internasional tersebut.

Kompetisi CanSat ini merupakan ajang rancang bangun dan implementasi satelit kecil berukuran kaleng minuman standard Eropa. Kompetisi ini diikuti oleh Perguruan Tinggi dari berbagai negara, termasuk Mongolia yang menjadi tuan rumah dari kompetisi ini.

Kompetisi yang diselenggarakan pada 21-22 September 2016 di Ulaan Baatar, Mongolia, ini diorganisir oleh Asia-Pasific Space Cooperation Organization (APSCO) bekerja sama dengan Information Technology, Post and Telecommunication Mongolia (ITPTA Mongolia).

Berdasarkan keterang resmi yang diterima Selular.ID, Universitas Gunadarma merupakan salah satu dari dua belas Perguruan Tinggi yang dinominasikan oleh LAPAN untuk mengikuti kompetisi CanSat 2016. Namun demikian, Gunadarma menjadi satu-satunya tim yang terpilih untuk mengikuti kompetisi CanSat 2016 mewakili Indonesia.

Terdapat sepuluh tim yang terdaftar dan ikut serta dalam kompetisi CanSat 2016 ini. Proses penjurian kompetisi ini dilakukan secara stimultan, dimana setelah CanSat diluncurkan oleh roket, CanSat harus mampu mengambil data atmosfer, seperti ketinggian, temperatur, tekanan udara, kelembaban, dan lainnya, kemudian mengirimkannya ke ground station.

Setelah melalui proses penilaian, dewan juri memutuskan juara runner-up diberikan kepada tim Garuda Universitas Gunadarma, Indonesia. Juara ketiga diraih oleh tim Sky Defender dari Military and Defence University, Mongolia. Sementara, juara pertama diraih oleh tim APIS dari Istanbul Technical University, Turki, yang hanya berbeda satu skor dari tim Garuda.

Purnawarman Musa, dosen pembimbing tim Garuda, mengungkapkan prestasi yang diraih mahasiswa Indonesia sangat membanggakan. “Menjadi salah satu juara di ajang internasional ini  membuktikan kualitas mahasiswa Indonesia di bidang sains and teknologi, tidak kalah dibanding peserta dari luar negeri,” tuturnya.

“Hebatnya lagi, anak didik kami (Mahasiswa Gunadarma) baru satu kali ikut serta di ajang kompetisi CanSat tingkat internasional ini, dan langsung bisa masuk dua besar. Ini sangat membanggakan,” tukas Purnawarman Musa, dalam keterangan resminya. (edk)

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest