Apps

Hanya Raih 300 Pengguna Aktif, Aplikasi Zapa Gagal Capai Target

Jakarta, Selular.ID – Jelang akhir tahun 2014 lalu aplikasi mobile untuk UKM, ZAPA hadir sebagai media komunikasi antar-UKM untuk meningkatkan peluang pasar bagi UKM tersebut. Namun sejak dihadirkan, aplikasi ini kurang begitu berkembang.

Sejak dihadirkan hingga saat ini, aplikasi tersebut baru memiliki 300 pengguna aktif. Untuk dapat berkembang lebih cepat aplikasi ini pun akhirnya direvitalisasi.

Andang Ashari, Direktur Marketing & Sales PT. Infomedia Nusantara selaku pengembang New ZAPA menjelaskan bahwa berbagai Fitur ZAPA yang sebelumnya telah ada masih tetap disertakan dengan penyempurnaan yaitu Fitur UKM Near Me yang dengan fitur ini user dapat melihat UKM yang berada didaerah sekitarnya dan Fitur Direktori UKM serta Fitur Berita UKM.

Baca juga :  Solusi Telemedicine Bakal Menjadi Tren, Walapun Pandemi Covid-19 Berakhir

“Aplikasi New ZAPA ini sudah tersedia di playstore, sehingga para pelaku UKM Indonesia langsung dapat mengunduh dan merasakan benefit dari aplikasi ini,” katanya.

Dengan revitalisasi ini Telkom group mengharapkan bakal dapat merangkul 10 ribu pengguna aplikasi ini. Jika dilihat dari skala bisnis yang dimiliki Telkom, jumlah 10 ribu pengguna ini tentunya angka yang sangat kecil sekali.

“Target 10 ribu pengguna ini hanya untuk pemanasan hasil revitalisasi Zapa ini,” ungkap Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise dan Business Service Telkom berargumen.

Terkait masih sedikitnya pengguna aktif aplikasi ini lebih lanjut disampaikan Awaludin dikarenakan belum terintegrasinya aplikasi tersebut dengan layanan lain yang dimiliki Telkom.

Awal juga menambahkan semua fitur-fitur pada aplikasi New ZAPA hadir dengan konsep yang lebih bertenaga (more powerfull), lebih bernilai (more valuable) dan lebih handal (more reliable) untuk lebih memudahkan para pelaku UKM di Indonesia meningkatkan bisnisnya.

Baca juga :  Tersebar di Seluruh Provinsi, Pengguna Dana Bisnis Capai 300.000 Mitra

“Target 10 ribu pengguna yang saya bilang tadi itu sebagai pemanasan. Telkom saat ini mempunyai 2,39 juta dari target 3 juta member Directory SmartBisnis,  1000 Kampung UKM Digital yang mempunyai 12 ribu member dan 10 ribu member Smart Funding. Itu potensi besar untuk menjadi pengguna Zapa,” pungkasnya.

 

About the author

selular

Leave a Comment