Tuesday, August 20, 2019
Home Smartphone Google Resmi Hentikan Pengembangan Smartphone Modular Project Ara

Google Resmi Hentikan Pengembangan Smartphone Modular Project Ara

-

project-ara
Jakarta, Selular.ID – Google resmi menyatakan bahwa proyek smartphone modular Ara, dihentikan. Juru bicara Google mengkonfirmasi bahwa smartphone tidak akan dilempar ke pasar. Padahal Mei lalu mereka menyatakan Ara siap dipasarkan pada kuartal keempat tahun ini.

Dilansir Selular.ID dari Reuters (2/9/2016), keputusan tersebut diambil oleh Chief Hardware Google sendiri, Rick Osterloh, yang bertanggung jawab untuk “merapikan” product lineup perusahaan yang terkesan berantakan.

Tiga tahun lalu, tim Ara mengembangkan konsep desain smartphone bak susunan lego, yang bisa dikaitkan, disusun ulang, dan ditukar dalam hitungan detik.

Sama seperti PC high-end yang komponennya bisa digonta-ganti ketika ingin meng-upgrade-nya secara dicicil. Sehingga pengguna tidak perlu mengganti seluruh unit komputer secara bersamaan.

Grup Ara dijadwalkan melakukan test perdana perangkat di Puerto Rico tahun lalu, namun mereka harus membatalkannya karena permasalahan biaya perangkat yang terlalu tinggi dan masalah teknis.

Nah, Mei lalu Google sempat berjanji mengeluarkan versi developer. Namun bertentangan dengan visi awal project, pengembang tidak diperbolehkan menggonta-ganti komponen: prosesor, baterai, dan layar.

Sekarang, nyatanya smartphone itu sudah tidak ada lagi. Reuters menyebut Google mungkin menyerahkan lisensinya ke pihak ketiga.

Meski Ara sudah tiada, mimpi modular menjadi nyata di Motorola, perusahaan yang pernah dimiliki Google dan sekarang anak usaha Lenovo. Smartphone baru Moto Z membawa backplate modular seperti power baterai tambahan, proyektor, dan speaker. Walaupun tidak se-customizable konsep awal Project Ara.

Latest