Friday, August 23, 2019
Home News Enterprise Akamai: Kecepatan Akses Internet di Indonesia Meningkat Dua Kali Lipat

Akamai: Kecepatan Akses Internet di Indonesia Meningkat Dua Kali Lipat

-

ali-hakim-akamai
Jakarta, Selular.ID – Konten situs yang semakin kaya, membuat beban website semakin berat. Sehingga durasi saat memuat satu halaman di website tersebut (loading-time) juga menjadi semakin lama. Hal itu diungkap Ali Hakim, Country Manager, Indonesia, Akamai Technologies, di hadapan sejumlah awak media di ICT Summit di JIEXPO Kemayoran Jakarta (1/9/2016).

“Ibarat jalan raya yang diperluas, tapi kendaraan yang melintas berubah dari mobil menjadi truk atau traktor, maka bebannya jadi lebih berat. Kecepatan loading-time situs jadi melambat,” ujar Ali.

Ali menyebut bahwa itu adalah tren global, bukan hanya di Indonesia. Untuk itu operator harus menyajikan kecepatan akses yang lebih baik, dengan bandwidth yang lebih besar. Sehingga bisa seimbang.

Di sisi lain, kecepatan akses internet di seluruh dunia, termasuk Indonesia, mengalami kenaikan. Michael Afergan, Senior Vice President, Products, Asia Pacific & Japan, Akamai Technologies, menerangkan bahwa dalam satu tahun terakhir, kecepatan internet di Indonesia membaik, bahkan naik signifikan.

Akhir Juni 2016, Akamai merilis laporan bahwa Indonesia satu-satu-nya negara di Asia Pasifik bahkan di dunia yang mengalami peningkatan Connection Speed untuk akses internet dua kali lipat lebih cepat di tahun 2015 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Akamai mencatat Indonesia di posisi 92 dalam global rank dengan rata-rata kecepatan akses 3.9Mbps, sedikit di bawah China (posisi 89) namun meninggalkan Vietnam (95), Filipina (107) dan India (114). Bahkan Indonesia mencapai kecepatan Peak Performance di 79.8Mbps pada Q4/2015.

Kecepatan akses naik. Website melambat karena konten yang semakin kaya dan image yang tambah besar. Jadi aksesnya lebih lambat. “Produsen konten menciptakan konten yang semakin berkualitas. Begitu pula perangkatnya (smartphone). Sehingga memerlukan koneksi tinggi guna mampu men-deliver konten HD tadi,” papar Michael.

Di sinilah peran Akamai, penyedia global layanan Cloud dan CDN (Content Delivery Network). Akamai membuat end-user (konsumen) mampu menikmati internet dengan pengalaman yang optimal, dan tidak dipusingkan dengan semua perbedaan itu.

Yang dilakukan Akamai adalah mengambil konten yang disajikan, baik itu dari situs media, pemerintahan, hiburan, atau yang lainnya, lalu menaruhnya di jaringan terdistribusi, dan menyalurkannya melalui server yang terletak sangat dekat dengan pengguna akhir.

Latest