Saturday, July 20, 2019
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Samsung Galaxy On7: Layar Luas Memori Terbatas

Review Samsung Galaxy On7: Layar Luas Memori Terbatas

-

Samsung Galaxy on7 (2)

Jakarta, Selular.ID – Tidak hanya meluncurkan smartphone premium, samsung juga mengisi pasar kelas menengah, yakni Samsung Galaxy On 7. Smartphone yang dibanderol dengan harga 2 jutaan ini bisa didapatkan di toko online di Indonesia. Bagaimana kemampuannya? Simak reviewnya berikut ini.

Keunggulan
• Layar cerah dan nyaman dimata
• Daya tahan baterai lama
• Kamera bagus
• Dual Slot SIM 4G

Kelemahan
• Tanpa sensor cahaya ambient
• Memori internal kecil

Desain
Melihat bentuknya, smartphone ini lebih mirip seperti smartphone Samsung Galaxy Note versi lawas. Tidak dibekali dengan dengan lapisan anti gores, smartphone dengan lebar 77.5mm dan panjang 151.8mm ini memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan seri Galaxy J7, meski sama-sama menggunakan layar 5.5 inci.

Galaxy On7 memiliki berat yang sama dengan Galaxy J7, yakni 171 gram. Ponsel dengan ketebalan 8.2mm ini memiliki lapisan chrome pada setiap bagian sisinya. Meski ponsel ini dibanderol dengan harga dikelas menengah, namun jika dilihat dari bentuk dan desainnya nampak cukup premium.

Pada bagian depan ponsel ini menyediakan kamera depan 5 megapixel dengan aperture f/2.2 yang mampu mengambil gambar 120 derajat lebih luas, sehingga dapat mengakomodasi banyak orang yang diambil saat banyak orang.

Pada bagian ini Samsung juga menempatkan sensor proximity yang tersedia disebelah earpiece. Sayangnya samsung tidak menempatkan sensor cahaya ambient, artinya layar smartphone ini tidak mengatur kecerahan secara otomatis, jadi pengguna harus melakukannya secara manual. Namun begitu samsung memberikan pilihan modus outdoor yang dapat menambah kecerahan layar selama 15 minutes screen is turned off.

Connections

Dibawah layar seperti biasa tersedia tombol home khas Samsung yang dibalut dengan list metal disekelilingnya. Lalu ada pila dua tombol sentuh kapasitif touch buttons untuk menu dan back yang ada diantara tombol home. Sayangnya tombol ini tidak dibekali dengan backlit.

Tombol power tersedia disebelah kanan, anda juga dapat melihat,sedangkan tombol volume tersedia disebelah kiri, micro USB slot, microphone dan slot 3.5mm audio jack dapat anda lihat dibagian bawah ponsel.

Beralih pada bagian belakang Galaxy On7 membenamkan kamera utama bersama LED flash dan lubang speaker tersedia disampung kamera. Cover belakang Samsung membetikan lapisan yang lembut yang menyerupai lapisan kulit sehingga ponsel ini cukup memberikan pegangan yang mantap.

Dibawah cover setelah kami buka tersedia dua slot micro SIM dimana keduanya sudah mendukung kartu 4G. dan slot kartu microSD card (yang dapat ditambahkan hingga 128 GB). Didalamnya juga tersedia baterai yang dapat dilepas berkapasitas 3000mAh.

Utilities

Posisioning Galaxy On7 memang terbilang sama dengan Galaxy J5 (2016), namun ponsel yang satu ini memiliki layar yang lebih besar dibandingkan J5 (2016) dengan harga yang lebih murah. Smartphone dengan layar 5.5 inci bisa didapatkan di toko online Alfacart.com dengan harga Rp2.699.000,-

Kamera
Pada kamera utama Galaxy On 7 mendapatkan resolusi kamera 13-megapixel dengan aperture f/2.1 kemampuan auto focus. Dibekali dengan interface yang sama dengan beberapa produk samsung yang berjalan dengan Android Lollipop, didalamnya tersedia beberapa fasilitas, seperti mode Auto dan Pro. Pada modus Pro pengguna dapat mengatur secara menual beberapa pengaturan seperti white balance, ISO dan exposure.

Kamera

Ada juga modus Panorama, Continuous shot dan Beauty face. Pengguna juga masih dapat menggunakan fasilitas Effects ( Grey-scale, Sepia, Negative). Sayangnya Samsung tidak menyediakan mode HDR pada ponsel ini.

Untuk kualitas foto pada kondisi pencahayaan yang cukup terang atau pada siang hari nampak bagus dengan warna yang cerah dan detail rincian. Untuk pengambilan foto Macro terbilang cukup bagus, karena hasilnya memperlihatkan efek bokeh yang halus. Ini berkat aperture f/2.1, namun sebelumnya anda harus bersabar untuk mendapatkan fokus. Untuk pengambilan foto pada kondisi Low-light shots kami masih menemukan noise pada dibeberapa spot tertentu.

Kameranya juga bisa digunakan untuk mengambil rekaman video dengan resolusi full HD 1080p dengan kecepatan perekaman 30fps. Kualitasnya terbilang baik dengan gambar yang kaya dan tajam.

Untuk mengakses fitur kamera selain melalui menu, pengguna juga dapat mengaksesnya langsung dengan menekan tombol dua kali pada tombol home, bahkan dalam keadaan layar tidak aktif., lalu gunakan tombol volume rockers sebagai tombol shutter.

Interface
Galaxy On7 menggunakan layar TFT 5.5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels dan kedalaman piksel sekitar 267 PPI. Kualitas layar terbilang terang display, dengan viewing angle yang luas, menawarkan detail warna yang kaya bahkan pada kondisi outdoor sekalipun. Namun begitu jika dibandingkan dengan layar jenis Super AMOLED yang diberikan pada Galaxy J7, layar ini masih kurang bagus.

interface

Berjalan diatas Android 5.1.1 ( Lollipop ), Samsung Galaxy On 7 juga menggunakan interface Samsung diatasnya, seperti smartphone Samsung terbaru. Pada tampilan lockscreen menunjukkan Info cuaca dan memungkinkan Anda mengakses dialer dan kamera dengan mudah. Bar notifikasi dapat diakses mengan mengusap layar dari atas kebawah. Pada bar tersebut pengguna juga dapat mengatur brightness dengan menggunakan slider yang tersedia atau beralih ke mode outdoor.

Ada juga mode Ultra data saving yang di dukung oleh Opera Max yang mampu mengkompress konten data selular seperti video, foto, media, dan hampir semua aplikasi dan website. Untuk kekuatan baterai,smartphone yang dibekali dengan kapasitas baterai 3000mAh ini mampu bertahah hingga seharian dengan penggunaan yang cukup aktif, seperti browsing pada jaringan 4G LTE. Menggunakan fitur power saving mode dan ultra power saving mode memungkinkan anda untuk menambah daya tahan baterai.

Kinerja
Datang dengan prosesor quad -core Snapdragon 410 (MSM8916) 64 – bit SoC dengan empat core ARM Cortex – A53 CPU clock 1,19 GHz, membuat smartphone ini mirip dengan Galaxy A5. Didukung pula dengan RAM 1.5GB dirasa cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi di latar belakang, tetapi seharusnya Samsung harusnya membekalinya dengan RAM 2GB sehingga dapat menangani TouchWiz UI yang dikenal memakan lebih banyak RAM.

Bechmark

Ponsel ini masih dibekali dengan memori internal 8GB. Dengan memori ini hanya disediakan memori hanya sekitar 4.3GB saja. Anda bahkan dapat memindahkan aplikasi yang kompatibel ke kartui memori MicroSD jika anda memasukannya pada slot yang tersedia.

Ketika diuji dengan beberapa game seperti Sniper Assassin: Shoot to kill dapat dijalankan dengan lancar tanpa ada masalah. sedangkan pada saat diuji dengan menggunakan aplikasi antutu bechmark, smartphone ini mampu mandapatkan skor hingga 28 ribuan.

Konektivitas
Smartphone ini dibekali dengan fitur konektivitas yang terbilang lengkap, mulain dari jaringan Selular 4G LTE pada kedua slot ISM card hingga WiFi 802.11 b/g/n untuk berinternet. Fitur koneksi lainnya masih tersedia Bluetooth 4.0 dan GPS.

Internet

Untuk lebih jelasnya pengalaman atau review dari mahasiswi untuk Samsung Galaxy On7 bisa dilihat di video ini.

Latest