Thursday, April 25, 2019
Home Tips Langkah Sederhana Transfer Kontak dari iPhone ke Android

Langkah Sederhana Transfer Kontak dari iPhone ke Android

-

Galaxy-S7-vs-iPhone-6SJakarta, Selular.ID – Mau ganti handphone tapi bingung cara transfer datanya? Kini berkat sinkronisasi cloud dan kemampuan format, transfer data dari ponsel lawas ke ponsel baru menjadi semakin mudah. Tapi itu hanya berlaku bagi ponsel dengan OS yang sama. Lalu bagaimana jika seseorang ingin memakai handset baru yang beda OS?

Kasus yang paling sering ditemui adalah ketika seorang pengguna iPhone mencoba beralih ke Android. Tidak sedikit pengguna yang terus-menerus menggunakan iPhone hanya karena tidak tahu cara transfer data ke ponsel Android.

Ya, transfer data dari iPhone ke Android bisa menjadi proses yang berbelit-belit. Untuk itu kami ingin memberikan beberapa tips. Dalam tutorial ini kami akan menunjukkan cara paling sederhana untuk mentransfer semua data dari iPhone ke perangkat Android.

Tutorial ini akan terdiri dari lima seri. Pertama-tama, kami akan menunnjukkan bagaimana cara mentransfer daftar kontak.

Perlu diperhatikan, memindahkan kontak dari iPhone ke Android akan jauh lebih mudah jika sebelumnya Anda pernah/rajin melakukan sinkronisasi kontak, misalnya ke akun Gmail. Jika Anda melakukannya, maka transfer kontak ke handphone baru tentu akan sangat mudah.

Satu-satunya yang harus Anda lakukan adalah memasukkan akun Google ke Android. Maka semua nomor yang tersimpan akan secara otomatis diunduh.

Nah, bagaimana jika Anda tidak melakukan sinkronisasi kontak ke Gmail? Tentu Anda harus ekstra kerja keras di sini. Cara termudah adalah menggunakan iCloud untuk mendapatkan file .vcf dan kemudian mengimpornya ke ponsel Android (atau Google Contacts).

Caranya:
1. Di iPhone, buka aplikasi Settings dan pilih “Mail, Kontak, Kalender”.
2. Buka Pengaturan > iCloud dan nyalakan “Kontak”.
3. Seluruh daftar kontak Anda akan diunggah ke layanan cloud Apple.
4. Sekarang gunakan browser untuk membuka iCloud.com dan login dengan ID Apple.
5. Pilih “Kontak” kemudian klik ikon roda gigi di pojok kiri bawah.
6. Klik “Pilih semua”.
7. Klik pada gear lagi dan pilih “vCard Ekspor…”
8. Ketika download file .vcf, Anda dapat mengimpor file ke Kontak Google atau langsung ke ponsel Anda.

# Jika Anda ingin menggunakan Google Contacts, buka contacts.google.com dan klik “Impor” kemudian “Pergi ke kontak lama”. Klik tombol “More” dan pilih “Import”. Pilih file dan Anda selesai.
# Untuk mengimpor file .vcf langsung ke smartphone baru, Anda bisa memasukkan file ke ponsel dengan menggunakan metode apapun seperti mentransfer melalui kartu microSD atau dengan menghubungkan ponsel ke PC.

Setelah file sudah berada di perangkat, Anda cukup membuka aplikasi Telepon dan tekan tombol menu. Akan muncul pilihan untuk “Impor/ekspor”. Pilih file dan selesai.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest