Wednesday, June 19, 2019
Home News Enterprise Ini Kiat Indesso Turunkan Biaya TI

Ini Kiat Indesso Turunkan Biaya TI

-

IMG_20160808_175932Jakarta, Selular.ID – Perusahaan yang bergerak di bidang bahan makanan Indesso berhasil menurunkan biaya pemeliharaan teknologi informatika (TI) sebesar 45% dan biaya hardware sebanyak 65%. Apa kiatnya?

Bagus Dwi Laksono selaku IT Manager PT Indesso Niagatama pada sharing session hari ini di Jakarta (8/8/2016) menceritakan bahwa perusahaannya mengandalkan penyedia pihak ketiga untuk mendukung kebutuhan IT, namun tidak puas dengan biaya hardware dan pemeliharaan yang tinggi.

Sejak berdiri pada tahun 1968, mutlak tidak ada perubahan berarti dalam hal TI. Sampai akhirnya pada tahun 2014 (saat Bagus mulai bergabung ke Indesso), perusahaan ingin mencari solusi yang lebih hemat biaya dan efisien.

Setelah memilah berbagai solusi yang ada, akhirnya Indesso memilih Red Hat. Menurut Bagus, Red Hat menawarkan solusi terbuka kepada perusahaan untuk menggunakan hardware dan operating system apa pun yang diinginkan Indesso, tanpa ada kuncian untuk brand-brand tertentu saja.

Demi mengurangi biaya TI dan meningkatkan kinerja, Indesso berhasil menerapkan aplikasi SAP pada Red Hat Enterprise Linux. Melakukan migrasi ke Red Hat diakui Bagus telah menurunkan biaya pemeliharaan sebesar $20.000 serta menghemat biaya hardware sebanyak $40.000.

Berkat Red Hat, Indesso bisa mengganti teknologi berbiaya tinggi yang dipakai sebelumnya, dengan solusi yang lebih terjangkau yang meningkatkan efisiensi perusahaan.

Latest