Dukung UKM Indonesia, Lazada Kampanyekan Buatan Indonesia


​Jakarta, Selular.ID – Saat ini pemerintah Indonesia tengah gencar mempromosikan usaha kecil menengah (UKM). Berdasarkan data yang dikeluarkan Kementrian Koperasi dan UKM tahun 2016 bahwa terdapat 57,9 juta unit UKM atau sekitar 23,2% dari total penduduk Indonesia yang saat ini berjumlah 255 juta jiwa. Sejalan dengan itu, kontribusi UKM terhadap produk domestik bruto (PDB) diperkirakan mencapai 58,92%.

Dengan semakin meningkatnya ragam usaha yang dirintis pengusaha lokal, kompetisi yang semakin tinggi memicu industri UKM untuk memikirkan alternatif cara dalam memasarkan produknya. Salah satunya adalah melalui platform bisnis elektronik (e-commerce). Hal tersebut secara tidak langsung juga akan mendorong pelaku UKM untuk lebih inovatif dan kreatif.

Florian Holm, Co CEO Lazada Indonesia menjelaskan sebagai wujud dukungan terhadap UKM di Indonesia Lazada Indonesia menggelar kampanye ‘Buatan Indonesia dari Indonesia untuk Dunia’

“Kegiataan ini merupakan kolaborasi Lazada dengan para UKM dengan menampilkan produk lokal berkualitas tinggi untuk menjawab kebutuhan pasar online yang terus tumbuh,” ujar Florian Holm di Jakarta (08/08/16).

Dia menuturkan bahwa kegiataan kampanye ‘Buatan Indonesia” dari Indonesia untuk Dunia’ selain dibuat untuk memberikan dukungan kepada UKM, kampanye ini pun diselenggarakan dalam rangka memperingati dirgahayu Indonesia yang ke 71 tahun. Pada tanggal 12 -17 Agustus Lazada Indonesia akan mempromosikan 12 penjual yang memproduksi produk mereka sendiri. 12 UKM itu adalah Eksis Collectin Bandung, Jaxine Collectin Yogyakarta, Olympic Jakarta, Van Decka Shop Bandung, Kota Gede Shop Yogyakarta, Indo Camera Bag Surabaya, Kopi SidikiKalang Medan, Vona Shop Bali, Makanan Enak Surabaya, Otten Coffee Medan, Sekar Jagat Bali dan RedKnot.

“Kenapa pilihannyan 12 UKM ini, tentu ada pertimbangannya,  mereka menjual produk yang diproduksi sendiri, dan ini menjadi salah satu petimbangannya, ” kata Florian Holm.

Florian Holm menambahkan diantara 12 produk itu ada 5 produk yang dijual melalui Lazada Malaysia. sejak  4 Agustus produk mereka sudah dapat dijual melalui Lazada Malaysia dan susah dapat dibeli konsumen Malaysia salah satunya adalah Indo Camera Bag Surabaya.