Monday, August 10, 2020
       
Home News Review Coolpad Max: Makin Aman dengan Private Space

Review Coolpad Max: Makin Aman dengan Private Space

-

Coolpad Max

Jakarta, Selular.ID – Diperkenalkan sekitar bulan Mei lalu, ponsel dengan harga Rp 5 jutaan ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang biasa dipakai ponsel premium. Fitur apa sajakah itu? Kali ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai produk terbaru dari Coolpad yaitu Coolpad Max atau juga dikenal sebagai Coolpad A8.

Kelebihan:
– Material bodi metal dan tipis
– Kamera Bagus
– Fitur Dual Space
– Baterai hemat dan cepat charging
– Sensor sidik jari cepat

Kekurangan :
– Resolusi layar masih 720p
– Belum mendukung 4G LTE

Desain
Pada bagian belakang terdapat sensor kamera yang terletak di tengah atas dengan lampu LED dual flash. Lalu ada juga modul finger print di bagian tengah serta logo Coolpad di bagian bawah. Modul sensor kamera terlihat sedikit menonjol, sebaliknya sensor fingerprint sedikit cekung ke dalam. Terdapat garis yang berada di bagian atas dan bawah.

Di sisi bagian bawah terdapat slot MicroUSB serta grill speaker dengan 6 titik lubang di kanan dan kiri. Namun sebenarnya komponen speaker ini mono, hanya terletak di bagian kiri saja. Tapi meski demikian suara yang dihasilkan cukup nyaring dan bulat.

Tombol power terletak di bagian kanan sementara tombol volume berada di bagian kiri. Slot SIM Card dengan type Nano berada di atas tombol power. Perangkat in imendukung dual Slot SIM Card dengan sistem hybrid bersama dengan slot MicroSD. Dibagian atas terdapat lubang jack 3,5 mm untuk earphone.

Performa

Pada kesan pertama saat memandang smartphone ini mengngatkan kita pada iPhone 6. Secara estetika, kesan premium cukup terasa, semua sudut terasa halus dan membentuk curve yang sempurna. Pada bagian body tidak meninggalkan bekas sidik jari, karena dilapisi dengan anti-coating fingerprint. Pas dipegang, ponsel ini terasa ramping jadi menurut saya, Coolpad Max ini nyaman buat ditenteng maupun digunakan.

CoolUI 8.0
Smartphone ini berjalan dengan menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop yang dilapisi dengan UI CoolUI 8.0. UI ini cukup ringan dan smooth. Cool UI 8.0 tidak menyediakan app drawer. Desainya UI-nya memudahkan pengguna untuk mengakses banyak hal, termasuk untuk urusan pengaturan. Jika dibandingkan dengan interface stadart android aan jauh berbeda, karena Coolpad membuatnya dengan ikon-ikon yang nampak elegan.

interface

Yang spesial dari user interface ini adalah beberapa fungsi yang cukup membantu pengguna seperti akses unik bernama C Button yang jika diaktifkan akan tampil sebuah tombol dengan huruf C di sisi kanan layar. Ketika disentuh, C Button akan menampilkan beberapa shortcut berupa Back, Home, Lock, Mute, bahkan untuk mengambil Screenshot.

Private Space
Fitur ini sangat membantu pengguna untuk menyediakan ruang untuk dua aktifitas yang berbeda, misalkan untuk keperluan pekerjaan dan pribadi. Bukan hanya file tetapi juga aplikasi yang diinstall. Mirip dengan sistem User Administrator pada PC. Cara mengaktifkannya dengan membuka aplikasi dengan icon kunci, lalu tambahkan kunci layar untuk private space mode seperti yang biasa kita gunakan pada mode normal. Bisa menggunakan pattern, sandi angka ataupun sidik jari.

Fitur

Dengan demikian Anda bisa membagi aktivitas penyimpanan, semisal normal mode untuk penggunaan smartphone di aktivitas sehari-hari atau pribadi, sedangkan private space mode untuk penggunaan smartphone pada kebutuhan kerja. Dengan fitur ini Jadi membuat pengguna serasa memiliki dia smarthone di satu perangkat.

Kamera
Untuk urusan kamera Coolpad menggunakan kamera ISO CELL dengan resolusi 13 MP lengkap dengan Dual-Tone LED Flash serta bukaan aperture F/2.0. Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan Auto Focus Phase Detection serta Image Stabilization untuk pengambilan gambar dan juga video yang lebih baik. Sementara untuk kamera depan menggunakan sensor beresolusi 5 MP.

Kamera

Melalui fitur kamera ini Anda harus mampu memanfaatkan mode pro untuk mendapatkan hasil gambar lebih optimal, dengan mengatur exposure, ISO, shutter speed, dan juga aperture. Memiliki sensor yang terbilang lengkap membuat ponsel ini sudah bisa digunakan untuk kebutuhan VR atau menyaksikan video 360 derajat.

Untuk kualitas kameranya sendiri terbilang cukup memuaskan masih adanya kekecewaan dalam kondisi tertentu. Gambarnya sih tajam, dengan detail dan pewarnaan yang baik asalkan dalam kondisi pencahayaan yang terang. Namun saya cukup kecewa pada pengambilan gambar pada pencahayaan yang gelap.

Hardware
Coolpad Max sudah dibekali dengan chipset prosesor Snapdragon 617 CPU Octa-Core 1.5GHz Cortex A53. Dengan prosesor ini maka ponsel menjanjikan performanya yang baik. Sedangkan disisi grafis udah tersedia GPU Adreno 405, sehingga semua kinerja gaming diharapkan akan lebih lancar. Tidak hanya itu, smatphone ini juga masih didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB dan internal memori 64 GB ini. Sedangkan untuk Kapasitas baterainya hanya 2800mAh.

Benchmark

Pada saat kami uji dengan mengunakan aplikasi bechmark, ponsel ini mampu mendapatkan skor hingga 44 ribu-an. Kami juga mencobanya untuk bermain game sekelas Asphalt8:Airborne. Dengan aplikasi ini kami dapat memainkannya dengan lancar, meski pada loadding awalnya agak sedikit lama.

Fingerprint

Untuk kemampuan baterai, dengan kapasitas baterai ini Coolpad Max dapat digunakan hampir 7 jam. yang yang cukup menarik adalah smartphone yang satu ini juga sudah dibekali fitur fast charging, jadi pengguna tidak perlu menunggu lama saat mengisi baterai. dalam 1 jam ponsel ini dapat baterai hingga penuh.

Konektivitas
Secara koneksi memang Coolpad Max tidak memiliki fitur konektivitas yang maksimal, secara resmi diperkenalkan di Indonesia hanya menggunakan jaringan 3G. Tapi dengan beberapa trik, pengguna mampu mengaktifkan 4G LTE di Coolpad Max dengan mudah.

Internet

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest