Jakarta, Selular.ID – Pada musim libur Lebaran 2016, layanan voice Indosat Ooredoo masih mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Sementara itu layanan SMS terus mengalami penurunan. Sedangkan layanan data meningkat cukup signifikan.
Dalam keterangan resminya diaebutkan trafik telekomunikasi hari H dibanding dengan trafik reguler hari biasa
Trafik voice nasional pada hari H mengalami peningkatan menjadi sekitar 355.62 juta menit, atau naik sekitar 14.04% dibandingkan dengan trafik voice reguler hari biasa. Kenaikan tertinggi trafik voice terjadi di area wilayah kota Northern Sumatera (40.18%), Southern Sumatera (39.76%) dan West Java (31.15%).
Sedangkan trafik SMS di hari H menurun menjadi  sekitar 555.48 Juta SMS, atau turun 4.65% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 94.16% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 90.43% walau terjadi  kepadatan jalur pengiriman antar operator. Penurunan trafik SMS tertinggi terjadi di kota/wilayah Sulampapua (-58.00%), Bali Nusra (-38.49%), dan West Java (-22.54%).
Sementara itu trafik data di hari H meningkat menjadi sekitar 1317.00 Terabyte/hari, atau naik 114.51% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.
Apabila diperbandingkan dengan kondisi hari H Lebaran tahun 2015, maka trafik voice hari H tahun 2016 mengalami peningkatan 9.67%. Sedangkan trafik SMS hari H tahun 2016 turun 37.24% dibandingkan trafik SMS pada H tahun 2015. Dan trafik komunikasi data meningkat 121.88% dibanding trafik tahun lalu.
Menghadapi masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadhan dan Mudik Lebaran 2016, kapasitas jaringan Indosat Ooredoo telah ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 4 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat Ooredoo meningkatkan kapasitas data menjadi 6.389 TeraByte/hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 69,8 juta pelanggan Indosat Ooredoo yang didukung dengan total BTS 52.326 secara nasional.
Menjaga performansi jaringan telekomunikasi dan B2B Enterprise selama terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi, Indosat Ooredoo mengoperasikan  sistem monitoring jaringan modern yang dikenal sebagai i-NOC (Indosat Network Operation Center) serta dilengkapi dengan ruang Command Center.
Berlokasi di Kantor Pusat Indosat Ooredoo lantai 6 dan telah diresmikan sejak tahun lalu, i-NOC berfungsi untuk melakukan pemantauan stabilitas dan kualitas seluruh jaringan Indosat secara terintegrasi, secara nasional memantau dengan cermat bila terjadi gangguan jaringan dan sinyal di wilayah seluruh Indonesia, untuk selanjutnya dieskalasi dan diselesaikan dengan cepat sehingga pelanggan tidak terganggu dalam menggunakan layanan Indosat Ooredoo.